Penerapan pendekatan SAVI dengan metode kooperatif card sort pada pembelajaran ekonomi kelas X G SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar / Miming Luky Destiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan SAVI dengan metode kooperatif card sort pada pembelajaran ekonomi kelas X G SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar / Miming Luky Destiana

Destiana, Miming Luky (2015) Penerapan pendekatan SAVI dengan metode kooperatif card sort pada pembelajaran ekonomi kelas X G SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar / Miming Luky Destiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Destiana Miming L. 2015. Penerapan Pendekatan SAVI Dengan Metode Kooperatif Card Sort Pada Pembelajaran Ekonomi Kelas X G SMAN 1 Ponggok- Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos. M.Si. (II)Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci SAVI (Somatis Auditorial Visual dan Intelektual) Kooperatif Card Sort Menurut hasil observasi yang dilakukan di kelas X G SMA Negeri 1 Ponggok diketahui bahwa dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya berpusat pada siswa (student centered). Guru juga menggunakan metode diskusi sederhana yang dilanjutkan dengan presentasi di depan kelas. Metode ini kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa cenderung pasif serta kurang memperhatikan pelajaran tidak berani mengungkapkan pertanyaan maupun pendapat tentang materi yang diberikan. Dari permasalahan di atas tersebut diperlukan suatu teknik pembelajaran alternatif yang dapat menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa yang nantinya juga akan mengatasi permasalahan hasil belajar siswa. Salah satu pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah pembelajran SAVI dengan metode kooperatif Card Sort. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan pembelajaran SAVI dengan metode koopertif Card Sort dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X G SMA Negeri 1 Ponggok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap penelitian tindakan kelas adalah tahap penyajian kelas (class presentation) belajar menggunakan media kartu (Card) mensortir kartu sesuai kategori sehingga membentuk sebuah kelompok (Sort). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus penelitian tindakan kelas. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes yang dilaksanakan tiap akhir siklus dan pada saat proses pembelajaran. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap uji validitas dan reliabilitas instrumen dan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh beberapa simpulan hasil penelitian antara lain adalah penerapan pembelajaran SAVI dengan metode kooperatif Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X G SMA Negeri 1 ponggok. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan media yang menarik berupa gambar siswa akan lebih antusias memperhatikan dan dengan adanya media kartu dalam mencari anggota kelompok akan memudahkan siswa mengingat sebab siswa mengaitkan setiap kategori yang diperoleh dengan siswa lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39428

Actions (login required)

View Item View Item