Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Singosari / Riszky Dewi Eritasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Singosari / Riszky Dewi Eritasari

Eritasari, Riszky Dewi (2015) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 di SMA Negeri 1 Singosari / Riszky Dewi Eritasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eritasari Riszky Dewi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Prodi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1. Drs.H. Sapir S.Sos M.Si 2. Drs. Mardono M.Si Kata kunci Model PBL Hasil Belajar SMAN 1 Singosari Pendidikan adalah parameter untuk mengetahui nilai sumber daya manusia yang ada di suatu Negara. Berhasil tidaknya suatu pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMA Negeri 1 Singosari diketahui bahwasanya nilai siswa kelas X IIS 1 masih banyak yang kurang. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah metode yang digunakan untuk mengajar. Metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan tanya jawab yang mana metode ini menjadikan siswa pasif dan kurang kreatif untuk menangkap materi yang diajarkan. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dilihat dari 2 ranah yaitu ranah kognitif dan ranah afektif. Dari ranah kognitif dalam siklus I didapatkan nilai dari hasil pre test 8 57 dan post test 82 85 % sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa kelas X IIS 1 meningkat menjadi 94 28 % Dan dilihat dari ranah afektif diketahui pada siklus I hasil belajar siswa kelas X IIS 1 yaitu 73 3 % sedangkan pada siklus II menjadi 90 2 %. Ini membuktikan bahwasanya ranah kognitif dan afektif nilai ketercapaian meningkat hingga 85%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasanya hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran PBL. Selain itu siswa juga tidak lagi pasif melainkan aktif dan tanggap dalam menyelesaikan masalah yang diberikan didalam kelas. Dari hasil kesimpulan diatas disarankan pada guru mata pelajaran ekonomi kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari.untuk menerapkan metode PBL karena dari hasil penelitian didapatkan bahwa siswa lebih aktif dengan metode tersebut. Bagi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 1 Singosari diharapkan dapat lebih giat lagi belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat semakin baik dengan metode tersebut. Dan untuk peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran PBL baik itu untuk pelajaran ekonomi maupun untuk pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39427

Actions (login required)

View Item View Item