Manajemen laboratorium nautika kapal niaga pada Sekolah Menengah Kejuruan Ketarunaan (studi kasus di SMK Negeri 13 Malang) / Nurida Mashita

Mashita, Nurida (2019) Manajemen laboratorium nautika kapal niaga pada Sekolah Menengah Kejuruan Ketarunaan (studi kasus di SMK Negeri 13 Malang) / Nurida Mashita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mashita, N. 2019. Manajemen Laboratorium Nautika Kapal Niaga Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ketarunaan. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Asep Sunandar, S.Pd., M.AP Kata kunci: laboratorium nautika kapal niaga, manajemen layanan khusus Laboratorium sekolah merupakan salah satu layanan khusus yang disediakan oleh sekolah untuk memfasilitasi peserta didik dalam rangka mendukung kelancaran pembelajaran di sekolah. Setiap sekolah memiliki jenis laboratorium yang beraneka ragam sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan, serta mengutamakan kemampuan sekolah dalam menyediakan dan melengkapi peralatan praktikum peserta didik di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan laboratorium nautika kapal niaga di SMK Negeri 13 Malang; (2) pengorganisasian laboratorium nautika kapal niaga di SMK Negeri 13 Malang; (3) penggunaan layanan laboratorium nautika kapal niaga di SMK Negeri 13 Malang; (4) pemeliharaan dan perawatan laboratorium nautika kapal niaga di SMK Negeri 13 Malang; (5) pengawasan laboratorium nautika kapal niaga di SMK Negeri 13 Malang, dan; (6) implikasi laboratorium nautika kapal niaga terhadap capaian kompetensi siswa di SMK Negeri 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian berupa perilaku, kebiasaan, persepsi, kegiatan yang dilaksanakan. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus, oleh karena itu peneliti menyelidiki kasus secara intensif dan kemudian mendeskripsikannya. Pengumpulan data diperoleh peneliti dari hasil wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik, pengecekan anggota, serta menggunakan kecukupan bahan referensi. Kegiatan analisis data dimulai dari mereduksi data, display penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, didapat enam kesimpulan hasil penelitian yang meliputi: (1) perencanaan laboratorium nautika kapal niaga memiliki jenis-jenis program kerja yaitu mengenai program pembelajaran dan program perawatan peralatan laboratorium. Terdapat dua jenis acuan atau standar yang digunakan dalam program keahlian nautika kapal niaga, yaitu standar dari Kemendikbud dan standar yang berasal dari Dinas Perhubungan, yaitu International Maritime Organization (IMO); (2) pihak yang terlibat dalam laboratorium nautika kapal niaga terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian, Kepala Laboratorium, Sekretaris, dan Bendahara. Kualifikasi yang ditentukan adalah guru produktif harus mengerti serta memiliki latar belakang pendidikan pelayaran atau kemaritiman dengan persyaratan minimal harus memiliki gelar sebagai Ahli Nautika (ANT), dan teknisi laboratorium adalah seseorang yang mengerti mengenai Teknologi Informasi. (3) penggunaan layanan laboratorium nautika kapal niaga terdapat prosedur yang harus dipatuhi oleh peserta didik yaitu tata tertib dan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau instruksi kerja. Apabila terdapat peserta didik yang melanggar tata tertib, maka peserta didik akan diberikan sanksi, dan sanksi tersebut disesuaikan dengan jenis kesalahan yang diperbuat oleh peserta didik; (4) pemeliharaan dan perawatan laboratorium nautika kapal niaga dilakukan secara rutin dan berkala. Terdapat dua jenis perbaikan, yaitu perbaikan yang bersifat ringan dan perbaikan yang bersifat berat. Perbaikan bersifat ringan melibatkan teknisi sekolah, sedangkan perbaikan berat melibatkan pihak dari luar sekolah; (5) pengawasan laboratorium nautika kapal niaga dilakukan oleh Kaprodi dan Kepala Laboratorium. Aspek yang diawasi yaitu aspek kebersihan secara umum dan aspek ketahanan atau kerusakan peralatan. Teknik pengawasan yang digunakan adalah teknik pengecekan; (6) implikasi laboratorium nautika kapal niaga terhadap capaian kompetensi siswa di SMK Negeri 13 Malang adalah untuk aspek pengetahuan, peserta didik akan lebih mudah untuk mencerna pelajaran. Aspek keterampilan, peserta didik akan lebih terampil dalam penggunaan alat. Dan aspek sikap, dapat dinilai dari kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi SOP dan tata tertib serta adanya sanksi. Dalam laporan penilaian, terjadi perbedaan peningkatan nilai peserta didik antara sebelum dan sesudah melakukan praktik, sehingga terdapat kemajuan praktik dikarenakan peserta didik lebih mudah dalam memahami materi apabila mereka terlibat secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dengan manajemen laboratorium nautika kapal niaga, yaitu bagi: (1) Kepala SMK Negeri 13 Malang hendaknya memberikan perhatian khusus terhadap pengelolaan laboratorium, khususnya pada pemenuhan kebutuhan peralatan atau bahan praktikum di laboratorium; (2) Tim/staf Laboratorium Nautika Kapal Niaga hendaknya dapat mempertahankan koordinasi dengan seluruh pihak-pihak yang terkait dengan laboratorium nautika kapal niaga; (3) Bagi Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya dapat menjadikan bahan ini sebagai salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan manajemen pendidikan, khususnya manajemen layanan khusus laboratorium sekolah yang dilaksanakan setiap lembaga pendidikan; (4) Peneliti lain, penelitian ini hendaknya dapat dijadikan referensi dan melanjutkan penelitian yang belum terungkap tentang manajemen laboratorium nautika kapal niaga dalam bidang pendidikan yang belum dapat peneliti temukan dari berbagai sumber/pihak di SMK Negeri 13 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3942

Actions (login required)

View Item View Item