Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas kelas, kretaivitas, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu ekonomi kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang / Arie Ardhianzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas kelas, kretaivitas, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu ekonomi kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang / Arie Ardhianzah

Ardhianzah, Arie (2015) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas kelas, kretaivitas, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS terpadu ekonomi kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang / Arie Ardhianzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardhianzah Arie. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Kelas Kreativitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Ekonomi Kelas VIII MTs Hidayatul Mubtadi in Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Aktivitas Kelas Kreativitas dan Hasil Belajar Pelajaran ekonomi dipandang sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Karena cara mengajar guru yang masih konvensional menyebabkan aktivitas didominasi oleh guru. Hal ini berdampak pada pemahaman materi peserta didik menjadi rendah yang membuat hasil belajar menurun. Diperlukan model pembelajaran yang kooperatif dan cara mengajar dengan teknik yang beraneka ragam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan yang direncanakan berupa penerapan model pembelajaran mind mapping. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas kreativitas dan post test. Kegiatan analisis dimulai dari mengumpulkan hasil dokumentasi catatan lapangan wawancara dan observasi. Dilanjutkan dengan reduksi data penyajian data verifikasi data dan evaluasi data. Hasil observasi persentase keberhasilan tindakan berdasarkan lembar observasi aktivitas kreativitas dan hasil belajar adalah (1) Aktivitas pembelajaran menunjukkan peserta didik sudah berani bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan. (2) Kreativitas pembelajaran menunjukkan peserta didik berkreasi dalam membuat peta konsep. (3) Hasil belajar menunjukkan peserta didik terlihat mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian dapat diketahui peningkatan persentase rata-rata aktivitas dari siklus I ke siklus II. Sedangkan persentase rata-rata kreativitas peserta didik bisa dilihat hasilnya pada siklus I meningkat pada siklus II. Dan persentase rata-rata hasil belajar peserta didik bisa dilihat hasilnya pada siklus I meningkat pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Pembelajaran model Mind Mapping sesuai untuk diterapkan dalam mata pelajaran IPS Terpadu ekonomi kelas VIII materi Ketenagakerjaan. Hal ini terlihat dari variabel yang diteliti seperti aktivitas kelas kreativitas dan hasil belajar peserta didik yang meningkat dari siklus I ke siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping menyediakan waktu beraktivitas dan berkreasi untuk peserta didik dan lebih memahami tentang materi pelajaran pada proses pembelajaran. (3) Respon dari peserta didik setelah diterapkannya model Mind Mapping yakni semua peserta didik setuju karena dapat tercipta suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39415

Actions (login required)

View Item View Item