Pengaruh persepsi siswa tentang komnpetensi guru dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Lucy Anjar Astamie

Astamie, Lucy Anjar (2015) Pengaruh persepsi siswa tentang komnpetensi guru dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Lucy Anjar Astamie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astamie, Lucy Anjar. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Imam Mukhlis, S.E, M.Si, (2) Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M Kata Kunci : Persepsi siswa, Kompetensi Guru, Bimbingan Belajar, dan Prestasi belajar. Pendidikan yang berkualitas harus didukung oleh guru yang profesional dalam menjalankan tugasnya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan kegiatan belajar yang dilakukan siswa berjalan efektif dan efisien. Tetapi masih banyak di lapangan, siswa yang masih membutuhkan bimbingan belajar untuk membantu kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Dari kesulitan-kesulitan yang dialami siswa selama di sekolah maka siswa cenderung akan berusaha mencari kenyamanan belajar diluar sekolah. Salah satunya yaitu mengikuti bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriprif. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan dokumentasi, dimana kesimpulannya diambil berdasarkan sampel dan populasi dengan unit analisis adalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2014/2015 yang mengikuti bimbingan belajar diluar jam sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan sampel total (total sampling) atau sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. (2) Ada pengaruh persepsi siswa tentang bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. (3) Ada pengaruh simultan dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompeteni guru dan bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 7 Malang pada mata pelajaran ekonomi. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu: (1) Bagi siswa diharapkan lebih berperan aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar dan lebih kreatif dalam mencari sumber materi pelajaran. (2) Bagi sekolah diharapkan untuk meningkatkan kompetensi guru. (3) Bagi orang tua diharapkan untuk berusaha memperhatikan dan meluangkan waktu untuk anaknya guna meningkatkan prestasi belajar anak. (4) Bagi peneliti selanjutnya, agar melakukan penelitian yang sejenis dengan populasi yang lebih luas dan melibatkan faktor-faktor lain yang diduga mempengaruhi pestasi belajar serta dengan menggunakan metode pengumpulan data lainnya, misalnya metode wawancara sehingga akan diperoleh data yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39414

Actions (login required)

View Item View Item