Penerapan metode pembelajaran mind mapping dipadu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IIS 1 di SMAN 2 Batu / Linda Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran mind mapping dipadu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IIS 1 di SMAN 2 Batu / Linda Novitasari

Novitasari, Linda (2015) Penerapan metode pembelajaran mind mapping dipadu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dalam mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IIS 1 di SMAN 2 Batu / Linda Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Linda. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dipadu Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. SE Ak M.P (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th M.Div M.E. Kata Kunci Mind Mapping Teams Games Tournamen (TGT) Keaktifan Siswa Prestasi Belajar Untuk menciptakan hasil pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tujuan maka diperlukan upaya seorang guru dengan cara memperhatikan pola belajar siswa menguasai materi pelajaran memilih suatu metode pembelajaran yang tepat dan tidak membosankan atau monoton serta melakukan proses pembelajaran yang efektif. Guru harus teliti dalam penerapan pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 2 Batu khususnya di kelas X IIS 1 menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan kurang efektif sehingga menimbulkan kondisi yang kurang kondusif yang mengakibatkan siswa sulit untuk paham terhadap materi pelajaran. Dari hal tersebut maka diadakan penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan solusi terhadap pelaksanaan pembelajaran di kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Batu. Tujuan penelitian ini adalah berusaha mencari solusi terhadap masalah yang ada baik tentang prestasi belajar siswa yang masih standar dan keaktifan siswa yang masih kurang dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yang dipadu dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Data yang diteliti yaitu fokus pada keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan perpaduan metode pembelajaran Mind Mapping dengan Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan keaktifan siswa serta prestasi belajar siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Batu. Hal ini dilihat dari prosentase ketuntasan hasil pos tes siklus 1 yaitu sebesar 65 71% dari keseluruhan siswa menjadi 85 71% dari keseluruhan siswa yang pada siklus 2. Dan prosentase hasil observasi keaktifan siswa pada siklus 1 sebesar 64 29% dari keseluruhan siswa menjadi 87 5% dari keseluruhan siswa pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran mind mapping dipadu dengan Teams Games Tournament (TGT) dapat membantu terlaksananya kegiatan belajar mengajar yang baik dan efektif sehingga membantu siswa untuk memahami materi dengan mudah yang pada akhirnya dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas serta meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39411

Actions (login required)

View Item View Item