Pengembangan blog pembelajaran mata pelajaran TIK pokok bahasan mengolah objek di Coreldraw kelas V semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SD My Little Island Malang / De Gaut Argadia Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan blog pembelajaran mata pelajaran TIK pokok bahasan mengolah objek di Coreldraw kelas V semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SD My Little Island Malang / De Gaut Argadia Pradana

Pradana, De Gaut Argadia (2013) Pengembangan blog pembelajaran mata pelajaran TIK pokok bahasan mengolah objek di Coreldraw kelas V semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 di SD My Little Island Malang / De Gaut Argadia Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Blog TIK Perkembangan teknologi dan informasi beberapa tahun terakhir ini sangat pesat sehingga mengubah paradigma masyarakat khususnya siswa dalam mencari dan mendapatkan informasi pembelajaran yang tidak lagi terbatas ruang dan waktu. Dengan media pembelajaran berbasis komputer memungkinkan pembelajaran yang terkoneksi dengan jaringan Internet. Blog sebagai pembelajaran yang dapat dilakukan dengan bantuan jaringan Internet sehingga proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas dan pada waktu tertentu. Tujuan dari pengembangan ini adalah mengembangkan blog pembelajaran pelajaran TIK pokok bahasan mengolah objek di Coreldraw kelas V semester ganjil di SD Nasional Plus My Little Island Malang dan mengetahui efektifitas blog pembelajaran yang dihasilkan dari pengembangan ini. Metode pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran berbasis web Davidson-Shivers Rasmussen dengan melaksanakan 6 tahapan pengembangan yang terdiri dari (1) Analisis (2) Rancangan Evaluasi (3) Desain (4) Pengembangan (5) Uji Coba Implementasi Terbatas (6) Evaluasi Formatif. Pengembanganmedia pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa kelas V SD Nasional Plus My Little Island. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan antara lain tanggapan ahli media tanggapan ahli materi dan siswa dengan menggunakan kriteria kevalidan/kelayakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar untuk mengetahui apakah blog pembelajaranini dapat digunakan sebagai alternatif pencapaian tujuan pembelajaran. Hasil pengembangan blog pembelajaran yang telah divalidasikan kepada ahli media ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 80 0% ahli materi diperoleh hasil sebesar 83 3%. Serta diujicobakan kepada 3 siswa diperoleh hasil sebesar 83.3% 16 siswa diperoleh hasil sebesar 80.3%. Maka dapat disimpulkan bahwa blog pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid untuk digunakan di SD Nasional Plus My Little Island. Dengan ketuntasan klasikal minimal 80% dari 16 siswa hasil tes hasil belajar siswa yang telah mencapai SKM 70 sebanyak 14 siswa (87 5%) dan yang belum mencapai sebanyak 2 siswa (12 5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal minimal telah tercapai dan pengembangan blog pembelajaran efektif digunakan pada proses pembelajaran. Saran yang diajukan untuk pengembang berikutnya yaitu hendaknya lebih memperhatikan kompetensi guru dalam mengelola online learning Sarana dan prasarana/ Teknologi dan materinya lebih singkat dan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item