Sani, Mutiara (2015) Pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah dan pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap rasiomalitas berkonsumsi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Mutiara Sani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sani Mutiara. 2015. PengaruhPembelajaranEkonomi di SekolahdanPendidikanEkonomidalamKeluargaterhadapRasionalitasBerkonsumsiSiswaKelas XI IIS SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri UmiMintartiWidjaja S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga Rasionalitas berkonsumsi. Pembelajaran ekonomi di sekolah merupakan proses belajar mengajar yang akan memunculkan output berupa pemahaman yang nantinya bisa diaplikasikan menjadi sebuah sikap sehingga terbentuk karakter serta kepribadiananak atau siswayang memiliki dan mampu mengembangkan sikap rasional dalam berkonsumsi.Begitujugadenganpendidikanekonomidalamkeluargajikaditerapkansecara optimal karakter dankepribadiandasarseorangekonom yang baik rasionaldalamberkonsumsi akanterbentukdalamdiriseoranganak. Rasionalitasberkonsumsimerupakanbagiandariperilakuekonomi.Rasionalitasberkonsumsiteridentifikasipada beberapa langkah dalam menentukan danmempertimbangkankeputusan pembelian secara rasional sehingga dimungkinkan orientasi pembelian adalah pada beberapa barang atau jasa yang merupakan kebutuhan bukan keinginan. Rasionalitas berkonsumsi dapat terwujud apabila seorang konsumendalam hal ini adalah siswa mendapatkan hasil yang maksimal dari proses pembelajaran ekonomi di sekolah maupunpendidikan ekonomi yang optimal dalam keluarga. Faktor- faktor yang mempengaruhi rasionalitas berkonsumsi dalam pembahasan penelitian iniyaitu pembelajaran ekonomi di sekolah dan pendidikan ekonomi dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IIS SMANegeri 2 Malang (2) menjelaskan pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IIS SMANegeri 2 Malang serta (3) menjelaskan pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah dan pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IIS SMANegeri 2 Malang.Rancangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan mengetahui seberapa besar pengaruh variabel- variabel tersebut. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independenyaitupembelajaranekonomi di sekolah danpendidikanekonomidalamkeluargaserta satu variabel dependenyaiturasionalitasberkonsumsisiswakelas XI IIS SMA Negeri 2 Malang. Sampel berjumlah 88 siswa sumber data primer danpengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Hasil penelitianmenggunakan analisisregresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.00 for Windows menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa (2) pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasionalitas berkonsumsi siswa dan (3) pembelajaran ekonomi di sekolah serta pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruhsecarasimultanpositifdansignifikanterhadap rasionalitas berkonsumsi siswa kelas XI IIS SMANegeri 2 Malang.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran ekonomi di sekolah mempengaruhi rasionalitas berkonsumsi pembelajaran ekonomi yang baik di sekolah akan membentuk sikap rasionalsiswa dalam berkonsumsi (2) pendidikan ekonomi dalam keluarga mempengaruhi rasionalitas konsumsi siswa karena jika anak mendapatkan pendidikan ekonomi yang baik dalam keluarga maka akan terbentuk sikap yang rasional dalam berkonsumsidan (3) pembelajaran ekonomi di sekolah serta pendidikan ekonomi dalam keluargasecarabersama- sama memberikan dampak terhadap rasionalitas berkonsumsi. Saran yang diajukandalampenelitianiniadalah (1) Bagi Universitas Negeri Malang hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sumber atau referensi penelitian- penelitian selanjutnya yang serupa dan terkait dengan pembelajaran ekonomi pendidikan ekonomi dan rasionalitas berkonsumsi. (2) Bagi SMA Negeri 2 Malang hendaknya lebih mengoptimalkan pembelajaran ekonomi di sekolah melalui arahan dan bimbingan kepada para guru ekonomi untuk mempertahankan pembelajaran ekonomi yang sudah baik sebagai upaya peningkatan kualitas output sekolah yang lebih baik sehingga mampu membentuk sikap yang aplikatif dengan meningkatkan rasionalitas berkonsumsi siswa. (3) Bagi orang tua hendaknya lebih meningkatkan intensitas pendidikan ekonomi dalam keluarga agar mampu membentuk sikap anak dalam bertindak secara rasional dalam perilaku ekonominya melalui contoh- contoh dan tindakan- tindakan yang diterapkan orang tua dalam keluarga. (4) Bagi peneliti dihimbau untuk tetap mengembangkan hasil penelitian ini agar dapat bermanfaat bagi pembaca dan menerapkannya dengan baik. (5) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah pembelajaran ekonomi di sekolah pendidikan ekonomi dalam keluarga dan rasionalitas berkonsumsi atau yang serupa serta mengembangkan variabel- variabel lain yang belum dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39397 |
Actions (login required)
View Item |