Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas X lintas minat ekonomi 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Rusniar Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas X lintas minat ekonomi 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Rusniar Azizah

Azizah, Rusniar (2015) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas X lintas minat ekonomi 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Rusniar Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah Rusniar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec Kata kunci Mind Mapping Kreativitas dan Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal peneliti mengamati bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan peserta didik cenderung bosan mengikuti pembelajaran ekonomi. Sehingga diperlukan cara untuk membuat peserta didik antusias mengikuti pembelajaran ekonomi. Salah satu alternatif untuk membuat pembelajaran ekonomi lebih efektif dan menyenangkan adalah model pembelajaran Mind Mapping. Model pembelajaran Mind Mapping mendorong mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Penerapan model pembelajaran Mind Mapping menekankan kreativitas dalam membuat catatan kreatif (mind map) untuk melatih daya ingat sehingga memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran yang pada akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 SMA Negeri 9 Malang. Subyek penelitian adalah kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 yang berjumlah 36 peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan yang melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kreativitas dan hasil belajar meliputi ranah kognitif dan ranah afektif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi tes mind map catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas X Lintas Minat Ekonomi 2 SMA Negeri 9 Malang. Hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan nilai kreativitas peserta didik pada siklus I sebesar 64 meningkat menjadi 85 pada siklus II. Sedangkan hasil belajar meliputi ranah kognitif dan ranah afektif peserta didik juga mengalami peningkatan. Hasil belajar ranah kognitif ditunjukkan dengan peningkatan nilai post test pada siklus I sebesar 75 menjadi 89 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 39% menjadi 94% pada siklus II. Hasil belajar ranah afektif ditunjukkan dengan peningkatan nilai peserta didik pada siklus I sebesar 69 menjadi 81 pada siklus II. Disarankan kepada guru bidang studi ekonomi untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39394

Actions (login required)

View Item View Item