Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang / Resti Dyah Ftriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang / Resti Dyah Ftriana

Fitriana, Resti Dyah (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang / Resti Dyah Ftriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriana Resti Dyah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si. Kata kunci Think Talk Write hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada tangga14 Oktober 2014 dengan guru ekonomi SMA Negeri 4 Malang diketahui sebagian proses pembelajaran masih terpusat pada guru siswa cenderung pasif dan masih enggan untuk bertanya pada guru siswa jarang diminta menjelaskan secara lisan atapun tertulis sehingga siswa kurang terbiasa menyimpulkan materi yang diperoleh dan ketuntasan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dirasa perlu ditingkatkan.Selain itu kemampuan siswa dalam memahami dan mengingat isi bacaan belum dapat dikelola secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini di perlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Talk Wrire yang membantu siswa untuk mengasah kemampuan memahami isi bacaan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang dengan jumlah 25 siswa yang terdiri atas 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan tahun ajaran 2014-2015. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa hasil belajar dari ranah kognitif dan afektif yang diambil dari penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre tes dan post test lembar observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya presentase ketuntasan hasil belajar aspek kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sedangkan hasil belajar aspek afektif siswa siklus I meningkat pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 Malang. Guru mata pelajaran Ekonomi disarankan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39393

Actions (login required)

View Item View Item