Penerapan model pembelajaran ceramah dan diskusi serta mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ida Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran ceramah dan diskusi serta mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ida Kurniawati

Kurniawati, Ida (2015) Penerapan model pembelajaran ceramah dan diskusi serta mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Malang / Ida Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Ida. 2015. PenerapanModel Pembelajaran Ceramah Dan Diskusi Serta Mind MappingUntukMeningkatkanKreativitasDan HasilBelajarSiswaPadaMata PelajaranEkonomiKelasX SMA Negeri4 Malang.Skripsi ProgramStudiPendidikanEkonomi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata kunci Ceramah diskusi mind mapping kreativitas danhasilbelajar. Berdasarkanhasilobservasiawal yang dilakukanolehpenelitipadatanggal14Oktober 2014dengan guru ekonomi SMA Negeri4 Malangdiketahuisebagian proses pembelajaranmasihdidominasiguru siswacenderungpasifdanbosan serta pemahamansiswatentangkonsep-konsepekonomimasihkurang dimengerti.Selain itu siswa tidak kreatif dalam pembelajaran dan kurang mendapatkan pengalaman belajar. Untukmengatasihalini di perlukansuatupembelajaran yang tepat menarikdanmenyenangkanyaitupembelajarandenganmenerapkan model pembelajaran ceramah dan diskusi serta Mind Mapping yang membantusiswauntukmengasahkemampaunkreativitassiswadanmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitiantindakankelas(Classroom action research)denganpendekatandeskriptif kualitatif yang bertujuanuntukmeningkatkankreativitasdanhasilbelajarsiswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus.SubyekpenelitianadalahsiswakelasX Lintas Minat-1 SMA Negeri4 Malang denganjumlah 35siswa yang terdiriatas 14siswalaki-lakidan 21siswaperempuantahunajaran 2014-2015.Dalampenelitianini data yang diperolehberupakreativitasdanhasilbelajardariaspekkognitifdanafektif yang di ambildaripenerapanmodel pembelajaranceramah dan diskusi serta Mind Mapping.Instrumenyang digunakanyaitusoaltes lembarobservasi dokumentasi dancatatanlapangan. Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterjadipeningkatankreativitasdanhasilbelajarsiswakelas X Lintas Minat-1.Hal iniditunjukkandenganadanyapresentasekreativitassiswayang meningkatdarisiklus Ikesiklus II.Ketuntasanhasilbelajaraspekkognitifjugamengalamipeningkatandarisiklus I kesiklus II sedangkanhasilbelajaraspekafektifsiswasiklus I meningkatpadasiklus II. Dengandemikian dapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel pembelajaranceramah dan diskusi serta Mind Mappingdapatmeningkatkankreativitasdanhasilbelajarsiswakelas X Lintas Minat-1 SMA Negeri4 Malang.Guru matapelajaranEkonomidisarankanmenerapkanmodel pembelajaran ceramah dan diskusi serta Mind Mappingsebagai model pembelajaranalternatifuntukmeningkatkankemampuankreativitasdanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39391

Actions (login required)

View Item View Item