Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil elajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X se,ester gasal tahun 2014 SMA Taman Siswa Kota Malang / Sandy Supray - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil elajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X se,ester gasal tahun 2014 SMA Taman Siswa Kota Malang / Sandy Supray

Suprayoga, Sandy (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil elajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X se,ester gasal tahun 2014 SMA Taman Siswa Kota Malang / Sandy Supray. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suprayoga Sandy. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Semester Gasal Tahun 2014 SMA Tamansiswa Kota Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Progam Studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S. Sos M. Si (II) Dr. Nasikh S. E. M. P. M. Pd Kata Kunci Berpikir Kritis Hasil Belajar Cooperative Intergrated Reading and Composition) Berdasarkan temuan hasil PPL UM di SMA Tamansiwa Kota Malang diketahui bahwa nilai mata pelajaran ekonomi siswa masih dibawah standart kelulusan. Dari 26 siswa hanya 5 siswa yang mampumeraihnilai di atasstandartkelulusan.Ditemukan masalah utama yang menjadi penyebabnya yaitu siswa sulit dalam menemukan ide pokok dalam sebuah bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut (1) Apakahpenerapanmodel pembelajarankooperatifteknik CIRCdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXpadamatapelajaranEkonomi di SMA Tamansiswa Kota Malang (2)Apakahpenerapkanpembelajarankooperatif model CIRC dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXpadamatapelajaran Ekonomi di SMA Tamansiswa Kota Malang Jenispenelitian yang digunakanadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) denganteknikpengumpulan data melaluiobservasidantes. Subyekdalampenelitianiniadalahsiswakelas X IIS dengan jumlah siswa 26 orang.Penelitian dilakukan selama dua siklus meliputi tahapan (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (4) refleksi.Alat pengumpul data berupa lembar observasi kemampuan kognitif lembar kemampuan afektif dan lembar observasi kegiatan guru Peningkatan kemampuan kognitif padapratindakan mencapai rata-rata 38 65dan persentase ketuntasan 7 69% dengan kategori tidak lulus siklus I mencapai rata-rata 57 69 dan persentase ketuntasan 57 69%dengan kategori tidak lulus siklus II mencapai rata-rata 80 69 dan persentase ketuntasan 88 46% dengan kategori lulus. Kesimpulan Penerapanmodel pembelajarankooperatif CIRCdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarpada mata pelajaranekonomisiswakelasX IIS SMA Tamansiswa Kota Malang. Saran yang dikemukakan yaitu hendaknya gurumenerapkanpembelajarankooperatif model CIRC untukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39386

Actions (login required)

View Item View Item