Penerapan metode pembelajaran kooperatif model learning cycle 5E untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIIIC SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Lusy Mutiara Sawitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model learning cycle 5E untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIIIC SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Lusy Mutiara Sawitri

Sawitri, Lusy Mutiara (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model learning cycle 5E untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS-Ekonomi siswa kelas VIIIC SMPN 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung semester genap tahun pelajaran 2011/2012 / Lusy Mutiara Sawitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sawitri Lusy. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips-Ekonomi Siswa Kelas VIIIC Smpn 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si. (II) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Learning Cycle 5E Hasil Belajar dan Aktifiras Siswa Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis di SMP Negeri 3 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung diketahui bahwa banyak siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan pada ulangan harian yaitu sejumlah 18 siswa atau sebesar 52 94% dari total siswa dikelas sebanyak 35 siswa dengan nilai rata-rata 73 82. Dan juga guru masih banyak menggunakan metode ceramah. Dengan demikian untuk dapat lebih mengaktifkan dan meningkatkan prestasi belajar perlu dilakukan variasi dalam proses belajar mengajar. Khususnya variasi dalam metode pembelajarannya misalnya dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa model salah satunya adalah model Learning Cycle 5E. Melalui pembelajaran kooperatif model Learning Cycle 5E siswa dilatih untuk bekerjasama mendengarkan dan menghargai pendapat teman berinteraksi dan berkomunikasi antar siswa serta bertanggung jawab dalam penguasaan materi yang sudah menjadi tugasnya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pembelajaran kooperatif model Learning Cycle 5E ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa serta bagaimana persepsi siswa mengenai penerapan pembelajaran Ekonomi dengan materi pokok Tindakan Perekonomian Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan yang terdiri dari 2 x 40 menit. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 27 April 2012 dan 4 Mei 2012 sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2012 dan 18 Mei 2012. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 KedungwaruKabupaten Tulungagung semester genap tahun ajaran 20011/2012. jumlah siswa sebanyak 35 siswa 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data penelitian berupa peningkatan aktifitas dan hasil belajar serta persepsi siswa. Aktifitas belajar siswa diamati berdasarkan lima unsur dasar pembelajaran kooperatif yaitu (1) Visual activities (2) Oral activities (3) Listening activities (4) Writing activities dan (5) Mental activities yang dikumpulkan dari hasil observasi melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa didasarkan pada nilai pos tes yang dilakukan setiap akhir pertemuan. Sedangkan persepsi siswa diperoleh melalui pengisian angket siswa yang dilakukan setelah semua siklus berakhir. Hasil penelitian menunjukkan data aktifitas belajar siswa yaitu rata-rata aktifitas belajar siswa pada siklus I adalahVisual activities (59 62%) Oral activities (60 71%) Listening activities (58 67%) Writing activities (50 86%) Mental activities (59 14%) dan Emotional activities (58 57%). Presentase dari berbagai indikator aktivitas kooperatif mengalami peningkatan pada siklus II yaitu indikator Visual activities meningkat dari siklus I ke siklus II menjadi 78 67% indikator Oral activities meningkat menjadi75 14% indikator Listening activitiesmenjadisebesar 75 62% indikator Writing activitiesmenjadisebesar 77 71% indikator Mental activities menjadi sebesar 78 00% dan indikator Emotional activitiesmenjadisebesar 77 14%. Dimana presentase rata-rata aktivitas kooperatif siswa pada siklus I sebesar 52 03% dapat meningkat pada siklus II menjadi 77 47%. Penerapan pembelajaran kooperatif model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari ranah kognitif siswa kelas VIII-C SMPN 3 Kedungwaru. Hal ini dibuktikan pada siklus I rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test meningkat dari 57 43% menjadi 76 14%. Peningkatan nilai antara pre test dan post test siklus I adalah sebesar 17 71% sedangkan pada siklus II rata-rata yang diperoleh dari nilai pre test dan post test60 57% menjadi 80 29%. Peningkatan nilai rata-rata antara pre test dan post test siklus II sebesar 19 71%. Dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa nilai pada masing-masing siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis angket persepsi tentang pembelajaran dengan menggunakan metode Learning Cycleyang dilakukan setelah semua siklus berakhir dapat diketahui bahwa48 14% dengan kriteria positif. Jadi siswa dengan positif menerima pembelajaran dengan metode kooperatif model Learning Cyclekarena dapat mempermudah siswa untuk memahami materi dan konsep pelajaran Ekonomi. Maka disarankan para guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif dengan model-model pembelajaran lain yang lebih bervariasi mengingat pembelajaran kooperatif model Learning Cycle ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39383

Actions (login required)

View Item View Item