Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Ma'arif Pandaan / Alif Fatwa Mansur - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Ma'arif Pandaan / Alif Fatwa Mansur

Mansur, Alif Fatwa (2015) Penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Ma'arif Pandaan / Alif Fatwa Mansur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mansur Alif Fatwa . 2014. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X-2 SMA Ma arif Pandaan. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd Kata kunci Problem Solving STAD (Student Teams Achievement Division) Hasil Belajar Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan adalah proses interaksi yang bertujuan meningkatkan perkembangan mental sehingga menjadi mandiri dan utuh. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan proses belajar yang meliputi sistem penilaian dan metode pembelajaran seperti pembelajaran kolaboratif dua model pembelajaran. Salah satu bentuk model pembelajaran kolaboratif yakni pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving. Dalam penelitian ini menggunakan kolaborasi STAD (student teams achievement division) dan Problem Solving. Model STAD memungkinkan siswa lebih bisa bekerjasama dengan siswa lain dalam berdiskusi siswa lebih aktif dalam pembelajaran siswa lebih sering mengajukan pertanyaan tentang materi yang dijelaskan secara utuh siswa lebih berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Sedangkan Problem Solving mampu melatih siswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah yang ada disekitarnya dan mampu berfifkir kritis dan logis berdasarkan kajian ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kolaborasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving. selain itu untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan kolaborasi model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi catatan lapangan dan tes. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Maarif Pandaan yang berjumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap proses belajar mengajar ekonomi pada siswa kelas X-2 SMA Ma arif Pandaan maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Penerapan Kolaborasi Model STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving pada siswa kelas X-2 SMA Ma arif Pasuruan dapat dapat dierapkan dengan baik 2) Ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas X-2 SMA Ma arif Pandaan setelah diterapkan Kolaborasi Model STAD (Student Teams Achievement Division) dan Problem Solving meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39381

Actions (login required)

View Item View Item