Aplikasi pendidikan karakter oleh guru yang tersertifikasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Tugu (SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4) Malang / Made Yudha Astrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Aplikasi pendidikan karakter oleh guru yang tersertifikasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Tugu (SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4) Malang / Made Yudha Astrianto

Astrianto, Made Yudha (2015) Aplikasi pendidikan karakter oleh guru yang tersertifikasi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Tugu (SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4) Malang / Made Yudha Astrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astrianto Made Yudha. 2013. Aplikasi Pendidikan Karakter Oleh Guru Yang Tersertifikasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Tugu (SMAN 1 SMAN 3 dan SMAN 4) Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Dr. Hadi Sumarsono S.T M.Si Kata Kunci aplikasi pendidikan karakter Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME) diri sendiri sesama lingkungan maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Dalam pendidikan karakter di sekolah semua komponen (stakeholders) harus dilibatkan termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri yaitu isi kurikulum proses pembelajaran dan penilaian kualitas hubungan penanganan atau pengelolaan mata pelajaran pengelolaan sekolah pelaksanaan aktivitas atau kegiatan ko-kurikuler pemberdayaan sarana prasarana pembiayaan dan ethos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian pendidikan karakter di SMAN dari SMAN 1 Malang SMAN 3 Malang dan SMAN 4 Malang.Objek penelitian yang dipilih oleh peneliti karena sekolah-sekolah tersebut termasuk sekolah unggulan di kota Malang. Obyek penelitian meliputi guru mata pelajaran ekonomi di sekolah sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara semi terstruktur dengan guru ekonomi sebagai obyek penelitian dan beberapa ahli pendidikan ekonomi dari universitas negeri malang sebagai pembanding. Hasil dalam penelitian ini adalah Pembelajaran ekonomi di SMA TUGU kota malang sudah baik karena guru memakai metode diskusi sehingga siswa sudah dapat aktif dan dari metode diskusi tersebut banyak pendidikan karakter yang secara tidak langsung diterpakan di dalam proses pembelajaran . dan untuk pemakaian perangkat pembelajaran perangkat pembelajaran merupakan syarat yang harus di buat oleh guru sebelum mengajar dan perangkat pembelajaran yang baik adalah perangkat pembelajaran yang fleksibel karena ketika terjadi perbedaan antara apa yang direncanakan dengan yang terjadi di lapangan maka guru dapat segera mengatasi masalah tersebut. Aplikasi pendidikan karakter oleh guru bisa dengan berbagai cara atau metode dan tidak ada metode yang benar atau salah di dalam penerapan ini yang perlu ditekankan adalah pendidikan karakter ini adalah suatu proses dan selama proses itu berlangsung guru harus melakukan pendekatan dengan memberikan contoh dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Selain guru keberhasilan pendidikan karakter ini harus didukung oleh pihak keluarga sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39378

Actions (login required)

View Item View Item