Pengembangan media pembelajaran modul elektronik interaktif pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang / Lilik Sufiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran modul elektronik interaktif pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang / Lilik Sufiyah

Sufiyah, Lilik (2015) Pengembangan media pembelajaran modul elektronik interaktif pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang / Lilik Sufiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sufiyah Lilik. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Untuk Kelas X Lintas Minat Ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S.Sos. M.Si (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T. M.Si Kata kunci media pembelajaran modul elektronik interaktif 12288 12288 12288 Pembelajaran ekonomi di sekolah umumnya menggunakan buku paket modul dan LKS yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pembelajaran yang baik dan berimbang pastinya akan lebih menekankan interaksi timbal balik antara guru dan siswa dengan memanfaatkan bahan ajar dan media pembelajaran yang ada sebagai sumber belajar. Sumber belajar yang ada berupa buku atau modul cetak namun masih minim pemanfaataan teknologi. Maka dari itu dibutuhkan inovasi agar memperlancar proses pembelajaran adalah dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang salah satunya adalah megubah kemasan modul cetak menjadi modul elektronik yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan produk pengembangan modul elektronik interaktif sebagai media pembelajaran yang digunakan guru ekonomi mengajar di kelas (2) Memberikan inovasi dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (3) Mengetahui efektifitas modul elektronik interaktif yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk yang berupa media pembelajaran modul elektronik interaktif dan diuji cobakan kepada siswa kelas X lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang. Model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model prosedural yang mengacu pada model pengembangan Borg Gall yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan peneliti dengan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk akhir. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran modul elektronik interaktif telah layak digunakan setelah melewati validasi dari ahli materi dan ahli media pembelajaran (2) Hasil dari uji coba pemakaian pada subyek uji coba adalah terdapat perbedaan nilai antara sebelum diajarkan dengan media pembelajaran modul elektronik interaktif dengan setelah diajarkan dengan media pembelajaran modul elektronik interaktif. Rata-rata nilai pre test siswa yang mencerminkan nilai sebelum diajarkan dengan media pembelajaran modul elektronik interaktif adalah sebesar 71 3 sedangkan rata-rata nilai post test yang terdapat pada media pembelajaran modul elektronik interaktif adalah sebesar 82 09. Sehingga dapat dilihat bahwa media pembelajaran modul elektronik interaktif ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X lintas minat ekonomi SMA Laboratorium UM Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah sebagai berikut (1) Media pembelajaran modul elektronik interaktif hanya terbatas pada materi Pasar Dalam Perekonomian maka diharapkan peneliti lain mengembangkan pada materi lainnya (2) Pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran modul elektronik interaktif hendaknya guru memberikan perhatian lebih kepada siswa dan mengontrol agar siswa dapat fokus mempelajari materi dari modul elektronik interaktif (3) Untuk penelitian dan pengembangan media pembelajaran selanjutnya sebaiknya peneliti dan pengembang menerapkan media pembelajarannya ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39377

Actions (login required)

View Item View Item