Penerapan model pembelajaran picture and picture dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang / Selvia Niza Sufiyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran picture and picture dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang / Selvia Niza Sufiyana

Sufiyana, Selvia Niza (2015) Penerapan model pembelajaran picture and picture dan word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang / Selvia Niza Sufiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sufiyana Selvia Niza. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak (II) Drs. Mardono M.Si. Kata kunci model pembelajaran Picture and Picture Word Square hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi dan Praktik Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 17 Malang ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Diantaranya ketika kegiatan diskusi dalam pelajaran ekonomi siswa merasa bosan dan hanya memahami materi yang didiskusikan oleh kelompoknya saja. Siswa cenderung mengelompok dan kurang bisa berbaur dengan teman yang lain. Hal ini berdampak pada semangat belajar menurun sehingga menyebabkan hasil belajar siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan inovasi pembelajaran agar siswa bersemangat dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Inovasi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Picture and Picture dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS (ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan Word Square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian hasil belajar siswa ranah kognitif diperoleh melalui nilai Pre Test dan Post Test. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa saat diterapkan model pembelajaran Picture and Picture dan Word Square pada saat Pre Test mencapai 8% dan pada siklus II meningkat menjadi 26%. Sedangkan pada saat Post Test presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 38% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B mata pelajaran IPS (ekonomi) di SMP Negeri 17 Malang. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) model pembelajaran Picture and Picture dan Word Square baik untuk diterapkan di kelas karena merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pengkondisian kelas maupun memberi pemahaman kepada siswa mengenai metode ini penting untuk dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39376

Actions (login required)

View Item View Item