Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Ngeri 4 Malang / Iman Setya Praptama - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Ngeri 4 Malang / Iman Setya Praptama

Praptama, Iman Setya (2015) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Ngeri 4 Malang / Iman Setya Praptama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praptama Iman Setya. 2014. Analisis Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMP Negeri 4 Malang. Skipsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Muklis S.E. M.Si Pembimbing (II) Drs. Prih Hardinto M.Si. Kata Kunci Faktor Intern Faktor Ekstern Hasil Belajar Kognitif 12288 12288 12288 Hasil belajar kognitif siswa berupa nilai ulangan tengah semester merupakan salah satu bentuk penilaian belajar siswa terhadap penguasaan kompetensi belajar.Siswa ditafsirkan menguasai kompetensi belajar apabila telah memenuhi standar ketuntasan minimal pada hasil belajar kognitifnya yang ditetapkan oleh tingkat satuan pendidikan. Di SMP Negeri 4 Malang menetapkan 7 5 sebagai standar ketuntasan minimal pada mata pelajaran ekonomi. Berdasar observasi awal masih banyak dijumpai siswayang belum mencapai standar ketuntasan minimal pada mata pelajaran ekonomi. Ketidaktercapaian standar ketuntasan minimal siswa pada hasil belajar kognitifnya dapat dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari diri siswa (faktor intern) dan dari luar siswa (faktor ekstern). 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor intern dan ekstern yang secara nyata mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi wawancara dokumentasi dan angket. Informan terdiri satu guru mata pelajaran ekonomi dan 2 siswa. 12288 12288 12288 Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa faktor intern yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa yang berada di bawah standar ketuntasan minimum adalah faktor kebiasaan belajar siswa yang rendah dan kurang tepat minat siswa pada mata pelajaran ekonomi masih rendah rendahnya motivasi siswa belajar serta ketidaksesuaian bakat yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Faktor eksternnya meliputi keadaan ekonomi siswa yang belum mencukupi pendayagunaan media massa yang masih kurang tepat dan rendah juga kurang berperan aktifnya siswa dalam mengikuti organisasi di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39370

Actions (login required)

View Item View Item