Pengaruh iklan, status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Yogi Adi Pratama

Pratama, Yogi Adi (2015) Pengaruh iklan, status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang / Yogi Adi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama, Yogi Adi. 2014. Pengaruh Iklan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi terhadap Pola Konsumsi Produk Fashion Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Yohanes Hadi S., S.Th., M.Div., M.E. (2) Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si. Kata kunci: Iklan, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi, Pola Konsumsi Produk Fashion &#12288;&#12288;&#12288;&#12288;Kehidupan manusia selalu berkaitan dengan kegiatan ekonomi, terutama kegiatan konsumsi. Iklan merupakan salah satu media untuk mempromosikan produk, seperti iklan di media cetak dan media elektronik. Iklan dapat mempengaruhi perilaku konsumen terhadap merek yang diiklankan. Perbedaan status sosial ekonomi orang tua dapat membedakan pola konsumsi siswa. Pentingnya pendidikan ekonomi ini dimaksudkan untuk memperluas wawasan siswa dalam bidang ekonomi terutama yang berhubungan dengan konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh iklan, status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi, baik secara parsial maupun simultan, terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner serta soal tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi. Berdasakan hasil analisis, tingkat signifikansi variabel X1 (0,000) < (0,05) sehingga iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi produk fashion siswa. Tingkat signifikansi variabel X2 (0,956) > (0,05) sehingga status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi produk fashion siswa. Tingkat signifikansi variabel X3 (0,414) > (0,05) sehingga pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi produk fashion siswa. Tingkat signifikansi variabel X1, X2, dan X3 (0,000) < signifikansi alpha (0,05) sehingga iklan, status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pola konsumsi produk fashion siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Iklan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang, (2) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang, (3) Pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang, (4) Iklan, status sosial ekonomi orang tua dan pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pola konsumsi produk fashion siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39369

Actions (login required)

View Item View Item