Analisis buku teks siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Pasuruan / Gesantara Pradana W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Pasuruan / Gesantara Pradana W.

Pradana W., Gesantara (2014) Analisis buku teks siswa mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Pasuruan / Gesantara Pradana W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyudi Gesantara Pradana. 2014. Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Pasuruan . Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed. (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata kunci Analisis Buku Teks IPS Terpadu. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Proses belajar mengajar di sekolah peran buku sangat penting. Buku sebagai wakil dari guru terlebih lagi bagi guru yang tidak mampu atau tidak siap membuat bahan ajar sendiri berdasarkan standar isi dalam kurikulum yang berlaku. Buku teks juga perlu mengalami pengembangan baik dari segi kurikuler isi maupun bahasa yang digunakan baik berupa analisis bahan ajar maupun validasi bahan ajar. Tujuan penelitian buku teks ini secara umum adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap cakupan materi yang tersaji penyajian materi dan tugas-tugas serta evaluasi yang yang terdapat dalam buku teks IPS Terpadu kelas VIII karangan Muh. Nurdin di SMP Negeri 8 Kota Pasuruan. Selain untuk mengetahui hal- hal tersebut penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan penggunaan media untuk menjelaskan suatu konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi dan menggunakan dokumen sebagai objeknya. Data penelitian berupa hasil wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar wawancara serta perekan suara. Analisis data dilakukan mulai reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cakupan materi dalam buku teks ini masih terdapat beberapa ketidaksesuaian karena pemahaman siswa tentang bab 7 yaitu kelangkaan sumber daya alam dan kebutuhan manusia masih membingungkan siswa hal itu disebabkan kata-kata yang digunakan didalam buku ini kosakatanya masih susah dimengerti dan masih jarang digunakan dalam keseharian siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan. Selain itu gambar yang disajikan dalam buku ini masih sedikit dan gambar masih meggunakan warna hitam putih sehingga mengurangi minat siswa untuk membaca buku teks karangan Muh. Nurdin. Soal-soal yang tersaji juga masih ada yang membingungkan siswa dikarenakan ada soal yang tidak terdapat dalam buku sehingga siswa susah dalam mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku ini. Dari hasil kesimpulan disarankan apabila menggunakan buku teks yang sudah ada hendaknya ditelaah terlebih dahulu agar kesalahan yang ada dalam buku teks tersebut tidak disajikan dalam pembelajaran. Lebih bagus apabila dalam mengajar seorang guru mampu membuat bahan teks sendiri sesuai dengan ketentuan ilmiah yang ada dan sesuai kriteria dalam kurikulum yang berlaku baik konsep yang ingin disampaikan maupun cara penulisan ketika menyusun buku teks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39364

Actions (login required)

View Item View Item