Tamala, Evi (2014) Penerapan pembelajaran ceramah dipadu dengan metode NHT (Number Head Together) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Besuk / Evi Tamala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tamala Evi. 2014. Penerapan Pembelajaran Ceramah Dipadu dengan Metode NHT (Number Head Together) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Besuk. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd M.E. (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci NHT keaktifan dan hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya minat dan motivasi siswa untuk belajar Ekonomi. Terbukti dengan nilai hasil belajar siswa yang masih berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 70. Hal ini karena pembelajaran yang dilakukan guru sebagian besar disajikan dengan metode konvensional siswa kurang terlatih untuk mengemukakan pendapat dan minimnya sosialisasi antar siswa. Jadi diperlukan suatu perpaduan model pembelajaran yang tepat menarik dan efektif yaitu pembelajaran ceramah dipadu dengan pembelajaran kooperatif metode NHT (Number Head Together) yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Besuk dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa keaktifan dan hasil belajar yang diperoleh dari penerapan pembelajaran ceramah dipadu dengan pembelajaran kooperatif metode NHT (Number Head Together). Instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi dokumentasi wawancara dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada persentase rata-rata keaktifan siswa kelas XI IPS 1 meningkat sebesar 11 2% dari siklus I adalah 80 27% dan menjadi 91 47% pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar siswa rata-rata nilai kelas pada siklus I meningkat dari 51 21 menjadi 60 63 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 42 86%. Pada siklus II rata-rata nilai kelas juga mengalami peningkatan dari 69 16 menjadi 80. Dari hasil tes pada siklus II diketahui bahwa persentase tingkat ketuntasan belajar siklus II adalah 88%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39356 |
Actions (login required)
View Item |