Rizkianata, Chandra Wahyu (2014) Pengaruh minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Besuk, Kab. Probolinggo tahun ajaran 2013-2014) / Chandra Wahyu Rizkianata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rizkianata Chandra Wahyu. 2014. Pengaruh Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Besuk Kab Probolinggo Tahun Ajaran 2013-2014).Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E M.P Ak. (II)Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Minat Baca Pemanfaatan Perpustakaan Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Minat baca siswa dapat ditumbuhkan mulai dari dalam diri siswa sendiri yang kemudian dikembangkan melalui kegiatan gemar membaca meluangkan waktu dengan membaca akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. 12288 12288 12288 12288 Minat baca siswa harus terus dikembangkan untuk mendapatkan prestasi yang baik mencapai cita-cita bahkan untuk memperbaiki kualitas hidup di masa mendatang tetapi itu semua tidak akan terwujud tanpa adanya perpustakaan sebagai sarana penunjang dalam kegiatan menumbuhkan minat baca siswa. 12288 12288 12288 12288 Keberhasilan dalam belajar sebagian besar ditunjang oleh minat baca siswa jika siswa mempunyai minat baca yang tinggi dengan menjadi pengunjung perpustakaan yang setia dan memanfaatkan perpustakaan dengan baik maka dapat meningkatkan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas minat baca dan pemanfaatan perpustakaan dan variabel terikat prestasi belajar dan apabila ada pengaruh berapa besar pengaruh variabel bebas minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap variabel terikatnya prestasi belajar pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Besuk Kab Probolinggo. Penelitian ini bersifat eksplanasi. Subyek penelitian ini berjumlah 78 responden. Berdasarkan hasil analisis uji f (simultan) diperoleh nilai Fhitung sebesar 44 640. Nilai ini lebih besar dari F tabel (44 640 3 119) dan nilai sig. F (0 000) lebih kecil dari 945 (0 05). Hal ini menunjukkan bahwa variabel Minat Baca Siswa (X1) dan Pemanfaatan Perpustakaan (X2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y) dan berdasarkan uji t (parsial) Variabel Minat Baca Siswa (X1) memiliki nilai thitung sebesar 4 955 dengan signifikansi sebesar 0 000. Karena thitung ttabel (4 955 1 992) atau sig. t 5% (0 000 0 05) maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Minat Baca Siswa (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar (Y). Variabel Pemanfaatan Perpustakaan (X2) memiliki nilai thitung sebesar 3 068 dengan signifikansi sebesar 0 003. Karena thitung ttabel (3 068 1 992) atau sig. t 5% (0 003 0 05) maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Pemanfaatan Perpustakaan (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar (Y).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39354 |
Actions (login required)
View Item |