Handayani, Lutfia (2014) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi dan relevansinya dengan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Batu / Lutfia Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Lutfia. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ekonomi dan Relevansinya dengan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Prih Hardinto M.Si. (II) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si. Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran Ekonomi dan Kurikulum 2013. 12288 12288 12288 12288 12288 Pendidikan karakter menjadi isu utama dalam kurikulum 2013. Tindakan siswa dalam kehidupan bermasyarakat menjadi indikator keberhasilan proses karakter yang terdapat dalam proses administrasi sekolah baik Kurikulum 2013 Silabus RPP dan proses belajar di dalam kelas. Pelajaran ekonomi merupakan pelajaran yang bersifat sosial dan banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah menyampaikan nilai-nilai karakter dengan menghubungkannya dalam kegiatan ekonomi siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup implementasi pendidikan karakter faktor pendukung dan faktor penghambat dan hasil dari implementasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan kualitatif berupa paparan kutipan wawancara yang diperoleh dari hasil wawancara waka kurikulum guru ekonomi kelas X siswa kelas X dan observasi pembelajaran. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran ekonomi dapat dilihat dari RPP dan proses pembelajaran di dalam kelas. Nilai karakter dalam kurikulum 2013 sangat jelas dan terperinci mulai dari KI 1 sampai KI 4. Nilai karakter yang tercantum dalam RPP dikaji berdasarkan materi pelajaran sesuai kompetensi yang harus dikuasi peserta didik. 12288 12288 12288 12288 12288 Kedua Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter adalah tergantung dari komitmen dan kerjasama dari 3 komponen pendidikan yaitu sekolah keluarga dan masyarakat. Ketiga Implementasi pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Batu sudah baik. Guru sudah mengimplementasikan pendidikan karakter di perangkat pembelajaran yaitu RPP dan saat proses pembelajaran. Menggunkan metode pembelajaran yang aktif menyenangkan. Guru menyampaikan nilai karakter tidak hanya dalam merumuskan dalam RPP namun juga menyampaikan nilai karakter sesuai dengan proses pembelajaran di dalam kelas. Untuk penilaian pendidikan karakter selain ada penilaian afektif yang dinilai setiap kali pelajaran dan ada juga ada penilaian tentang diri sendiri penilaian teman dan penilaian guru yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39351 |
Actions (login required)
View Item |