Analisis faktor pilihan orangtua menyekolahkan anak pada Sekolah Dasar berbasis Islam di Kota Malang / Nova Nur Khasanah

Khasanah, Nova Nur (2019) Analisis faktor pilihan orangtua menyekolahkan anak pada Sekolah Dasar berbasis Islam di Kota Malang / Nova Nur Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Khasanah, Nova Nur. 2018. Analisis Faktor Pilihan Orangtua Menyekolahkan Anak Pada Sekolah Dasar Berbasis Islam di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imron Arifin, M.Pd., (II) Ahmad Nurabadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: faktor pilihan, pilihan orang tua, SD berbasis Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekuatiran orangtua terhadap arus pergaulan anak yang semakin bebas, moral dan akhlak yang semakin merosot, serta nilai agama yang semakin pudar. Padahal, masa depan bangsa tentu sangat bergantung pada anak sebagai generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. Sehingga orang tua mencari alternatif dengan memilih Sekolah Dasar (SD) yang berbasis Islam sebagai wahana pendidikan yang mendasar bagi anak untuk mendapatkan pendidikan agama sekaligus pendidikan umum. Di sisi lain, dalam kurun 4 tahun terakhir ini, jumlah orangtua yang berminat menyekolahkan anak ke SD berbasis Islam di Kota Malang selalu mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Maka menarik untuk dilakukan penelitian dengan mengambil judul Analisis Faktor Pilihan Orangtua Menyekolahkan Anak Pada Sekolah Dasar (SD) Berbasis Islam di Kota Malang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) apa saja faktor-faktor yang menjadi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang; (2) apa faktor yang paling dominan dalam pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang; dan (3) berapa besar kontribusi masing-masing faktor yang menjadi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang menjadi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang; (2) faktor yang paling dominan dalam pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang; dan (3) kontribusi masing-masing faktor yang menjadi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksploratifdeskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua/wali murid kelas I SD berbasis Islam di Kota Malang yang berjumlah 1966 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster/area sampling (sampling wilayah) dan proportional sampling (sampling proporsi) serta penentuan jumlah sampel menggunakan formula Slovin sehingga didapatkan jumlah sampel yang sesungguhnya yakni sejumlah 162 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) faktor yang menjadi pilihan orangtua dalam menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang, yaitu: (a) religi; (b) pendidikan karakter; (c) mutu sekolah; (d) pengembangan potensi; dan (e) pelayanan; (2) faktor yang paling dominan dalam pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang adalah faktor religi; sedangkan (3) kontribusi masingmasing faktor yang menjadi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang, yaitu: (a) religi memiliki kontribusi sangat tinggi, (b) pendidikan karakter memiliki kontribusi sedang, (c) mutu sekolah memiliki kontribusi tinggi, (d) pengembangan potensi memiliki kontribusi sedang, dan (e) pelayanan memiliki kontribusi sangat tinggi terhadap pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan kepada: (1) Ketua Yayasan, hendaknya dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam mengambil kebijaksanaan untuk mengembangkan mutu dan citra sekolah sekolah agar dapat menjaga serta meningkatkan kepercayaan masyarakat sebagai sekolah dasar berbasis Islam yang berkualitas, khususnya pada faktor keagamaannya; (2) Kepala Sekolah, hendaknya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai pertimbangan dalam menentukan keputusan guna meningkatkan integritas sekolah terutama mengenai pendidikan keagamaan, pendidikan karakter, mutu, pengembangan potensi siswa, serta pelayanan yang diberikan dalam rangka menarik minat masyarakat supaya menyekolahkan anak ke sekolah bersangkutan; (3) Wakil kepala sekolah bidang Humas, sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan masukan untuk memperbaiki kualitas dan pelayanan yang diberikan kepada calon orangtua/wali murid dan calon peserta didik, yang dapat dimulai sejak kegiatan promosi, sehingga dapat meningkatkan peminat sekolah yang bersangkutan; (4) Orangtua/wali murid, sebaiknya hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan yang sangat penting dan berharga sebagai dasar pertimbangan dalam memilih alternatif pendidikan yang terbaik demi kebaikan kehidupan dunia dan akhirat bagi putra-putrinya; dan (5) Peneliti lain, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam penelitian yang sejenis dengan topik yang sama namun dilakukan pada latar atau ruang lingkup yang berbeda serta sebaiknya dapat mengkaji dan meneliti secara lebih mendalam dan komprehensif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item