Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Corporate Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X LM 4 SMA Negeri 1 Kepanjen semester genap tahun pelajaran 2013

Anggraeni, Riza Meilia (2014) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Corporate Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X LM 4 SMA Negeri 1 Kepanjen semester genap tahun pelajaran 2013. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni, Riza Meilia. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Percaya Diri Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X LM 4 SMA Negeri 1 Kepanjen Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang,Pembimbing (I) Drs. Sapir, S.Sos, M.Si. (II) Drs. Mardono, M.Si. Kata Kunci : Teknik Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar, Karakter Percaya Diri      Pendidikan memiliki peran penting terhadap keadaan suatu bangsa. Hal ini dikarenakan dengan adanya pendidikan maka masyarakat terutama anak-anak dapat menjadi penentu terhadap kemajuan suatu negara. Akan tetapi pendidikan saja masih kurang untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas dengan perilaku yang baik dan berbudi luhur, sehingga dari sini pemerintah mulai menerapkan unsur pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran di sekolah untuk memperbaiki perilaku siswa, karena karakter sangat menentukan terhadap baik atau buruknya seseorang. Tetapi tidak semua model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan karakter siswa. Sehingga disini peneliti menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri siswa.      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri siswa dengan menggunakan Teknik Cooperative Learning model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X Lintas Minat 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar dan karakter percaya diri siswa. Untuk karakter percaya diri siswa dengan indikator keyakinan diri meningkat sebesar 8%, indikator kesadaran meningkat sebesar 8,9%, indikator pikiran positif meningkat sebesar 4,8%, indikator tanggung jawab meningkat sebesar 18,4%, dan optimis meningkat sebesar 7,4%. Sehingga penggunaan teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri siswa.      Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif teknik Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi ekonomi atau guru bidang studi lainnya untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39346

Actions (login required)

View Item View Item