Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu / Danang Dwi Putro Utomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu / Danang Dwi Putro Utomo

Utomo, Danang Dwi Putro (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu / Danang Dwi Putro Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utomo Danang Dwi Putro. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Nasikh S.E M.P M.Pd (2) Drs.Sapir S.Sos M.Si Kata Kunci Kompetensi Guru Lingkungan Sekolah Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 12288 Proses pendidikan pada pendidikan formal selalu dilakukan dilingkungan sekolah. Siswa yang melaksanakan proses pembelajaran yang baik akan memperoleh hasil belajar yang maksimal. Mendapatkan hasil belajar yang maksimal dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain guru sebagai bagian dari tenaga pendidik memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian. Pencapaian maksimal dapat dicapai apabila guru memiliki kemampuan yang baik meliputi kompetensi pedagogik kompetensi sosial kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian. Selain kompetensi guru terdapat faktor lain yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah terdiri dari berbagai kepribadian orang yang akan membawa pengaruh besar bagi belajar siswa. Baik tidaknya lingkungan sekolah akan mendukung siswa untuk belajar meraih hasil yang maksimal. 12288 12288 12288 12288 12288 Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu. (2) Apakah ada pengaruh positif antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu. (3) Apakah ada pengaruh positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MA Negeri Malang 2 Kota Batu 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di MA Negeri Malang 2 Kota Batu dengan populasi kelas XI IPS sebanyak 127 dan kemudian diambil sampel sebanyak 92 responden. Data diperoleh dari penyebaran instrument yang berupa angket dan analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang dilakukan di MAN 2 Malang Kota Batu menunjukkan bahwa (1) Kompetensi guru mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa . (2) Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar. (3) Kompetensi guru dan lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Saran (1) Sekolah diharapkan meningkatkan kinerja guru dengan mengijinkan guru mengikuti seminar atau kuliah lanjutan ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat meningkatkan kemampuan dan juga meningkatkan kualitas lingkungan sekolah yang memberikan fasilitas seperti buku yang baru dan juga lingkungan yang kondusif dan nyaman. (2) Hendaknya guru berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang sekolah untuk selalu meningkatkan kinerja guru dengan mengijinkan guru mengikuti seminar ataupun kuliah lanjutan ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan juga meningkatkan kualitas lingkungan sekolah yang dimiliki seperti memberikan fasilitas yang diperlukan seperti tersedianya buku yang baru dan juga lingkungan yang kondusif dan nyaman lebih tinggi mengikuti seminar maupun segala macam pelatihan yang dapat mengembangkan kompetensinya dan memperluas ilmu yang dapat mengembangkan kompetensinya dan memperluas ilmu dibidang yang dikerjakan. (3) Sebagai sarana menambah pengetahuan peneliti selanjutnya dan dijadikan pertimbangan dalam penelitian dan karya ilmiah lainnya yang berhubungan dengan kompetensi guru dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39345

Actions (login required)

View Item View Item