Al Fatah, Arinaya (2014) Hubungan motivasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu / Arinaya Al Fatah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fatah Arinaya Al. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Waktu Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu.Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Wahjoedi M.E (II) Drs. Prih Hardinto M.Si Kata Kunci Motivasi Belajar Pemanfaatan Waktu Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan prilaku manusia termasuk perilaku belajar. Dalam motivasi terkandung adanya keinginan mengaktifkan menggerakkan menyalurkan dan mengarahkan sikap dan perilaku individu dalam belajar. Perilaku individu dapat berubah menjadi semangat dan kurang bersemangat tergantung dari motivasi individu tersebut. Jika motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Batu tinggi dan menjadikan siswa tersebut bergairah dalam melakukan kegiatan belajar maka hal ini dapat mendorong siswa untuk meningkatkan intensitas belajar siswa yang pada akhirnya berdampak positif dengan hasil belajar. Hal ini juga didukung oleh pemanfaatan waktu belajar siswa dimana pemanfaatan waktu belajar yang dimiliki oleh siswa adalah bagaimana siswa menggunakan waktu yang dimiliknya untuk belajar dengan sebaik mungkin. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar (2) hubungan pemanfaatan waktu belajar dengan hasil belajar (3) hubungan motivasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dari motivasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar diperoleh dengan menggunakan instrumen angket sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui nilai rapor siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Batu yang menjadi sampel penelitian yang berjumlah 96 siswa. Dan kemudian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan analisis korelasi berganda. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka peneliti memberikan saran bagi Bagi guru diharapkan mampu memberikan pemahaman yang baik bahwa pemberian motivasi kepada siswa sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar serta memberikan pemahaman yang baik bahwa waktu luang sangat bermanfaat jika digunakan siswa untuk belajar. Guru merupakan motivator bagi siswa dalam proses belajar mengajar dengan adanya penelitian ini khususnya di pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batu guru diharapkan untuk memberikan motivasi kepada siswa agar meningkatkan intensitas belajar dengan memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk belajar dengan harapan memperoleh hasil yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk memperluas indikator dan metode analisis sehingga lebih bisa berguna untuk menggambarkan kondisi siswa sebenarnya yang berkaitan dengan motivasi belajar dan pemanfaatan waktu belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39343 |
Actions (login required)
View Item |