Penerapan model pembelajaran Time Token Arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMAN 6 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Badi'ah Heti Rusmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Time Token Arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMAN 6 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Badi'ah Heti Rusmana

Rusmana, Badi'ah Heti (2014) Penerapan model pembelajaran Time Token Arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMAN 6 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Badi'ah Heti Rusmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rusmana Badi ah Heti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Time Token Arends Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 6 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sapir S. Sos M.Si (II) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Time Token Arends Aktivitas Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik tetapi harus kreatif memberikan layanan dan kemudahan belajar kepada seluruh peserta didik agar mereka dapat belajar dalam suasana yang menyenagkan gembira penuh semangat tidak cemas dan berani mengemukakan pendapat secara terbuka. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X IIS 1 SMA Negeri 6 Malang guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan kegiatan diskusi jarang dilakukan. Pada saat guru menggunakan metode diskusi siswa yang berpartisipasi dalam menyampaikan pendapatnya masih terbatas beberapa siswa saja dan yang lainnya kurang memperhatikan atau mengobrol sendiri dengan temannya. Saat diskusi juga ditemukan bahwa ada siswa yang mempunyai pendapat tentang permasalahan yang sedang didiskusikan namun siswa tesebut tidak berani mengungkapkannya secara langsung dan justru menyuruh temannya untuk menyampaikan pendapatnya. Hal ini dikarenakan siswa tidak terbiasa berbicara di depan umum. 12288 12288 12288 12288 Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih berperan aktif selama proses pembelajaran. Salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran Time Token Arends. Dalam model pembelajaran Time Token Arends siswa dituntut untuk berbicara dan aktif pada saat adanya diskusi di dalam kelas sehingga tidak ada siswa yang mendominasi dan pasif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 6 Malang yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token Arends untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS 1 SMA Negeri 6 Malang. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token Arends pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan presentase aktivitas belajar siswa dari 53 34% menjadi 93 33% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 46 67% menjadi 80 00% pada siklus II. Adapun saran yang diberikan yaitu 1) bagi sekolah yang ingin menerapkan model pembelajaran Time Token Arends penelitian ini dapat digunakan sebagai inovasi model pembelajaran demokratis untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran di kelas 2) bagi guru yang ingin menerapkan model pembelajaran Time Token Arends hendaknya menyesuaikan dengan materi dan alokasi waktu serta guru hendaknya memotivasi siswa untuk berani dalam mengungkapkan pendapatnya sehingga dalam pross pembelajaran tidak didominasi oleh guru dan beberapa siswa saja 3) bagi peneliti lain yang berminat menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dengan subjek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan variabel yang berbeda sesuai dengan kondisi kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39341

Actions (login required)

View Item View Item