Affandi, Achmad (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang / Achmad Affandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Affandi Achmad.2014. Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si (II) Drs.H.Achmad Aliwafa M.Pd Kata kunci Model Inkuiri Berpikir Kritis Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 10 Malang permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas X IPS 3 yaitu mereka mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dengan materi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Hal ini karena siswa hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar menyebabkan ranah berpikir mereka konvensional dan kurang aktif. Mereka malas untuk mencari sumber belajar lain sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang mengandung unsur analisis. Untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat yaitu model inkuiri yang dapat membantu siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes observasi angket catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan penilaian keberhasilan tindakan.. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan pembelajaran model inkuri. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata aspek kemampuan berpikir siswa dalam kategori baik. Rata-rata nilai hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklusi II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 10 Malang. Guru ekonomi disarankan menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39340 |
Actions (login required)
View Item |