Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Hadi Sufa'at - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Hadi Sufa'at

Sufa'at, Hadi (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Hadi Sufa'at. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sufa at Hadi 2014. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pembelajaran Ekonomi dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P. Ak (2) Dr. Imam Mukhlis S.E. M.Si Kata Kunci Persepsi Kualitas Pembelajaran Ekonomi Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Hasil Belajar Siswa. 12288 12288 12288 12288 Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendidik generasi penerus bangsa agar memiliki pengetahuan yang tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keterampilan yang dapat membekali hidupnya di masyarakat. Untuk mengetahui apakah penyelenggaraan pendidikan dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien maka perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi sangat diperlukan guna mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa. Ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Namun dalam penelitian ini hanya membahas faktor ekstern sebagai variabel bebas yaitu persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanasi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel independen dan satu variabel dependen. Sampel berjumlah 96 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa mengenai kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah. Sedangkan teknik dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014 (2) terdapat pengaruh antara pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014 (3) terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang kualitas pembelajaran ekonomi dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Malang tahun ajaran 2013/2014. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru diharapkan tetap mempertahankan kualitas pembelajaran ekonomi agar tetap optimal sehingga nantinya hasil belajar siswa semakin baik. Untuk penggunaan fasilitas belajar guru juga harus lebih tepat dalam memanfaatkan fasilitas belajar yang sesuai dengan materi ekonomi agar penggunaan fasilitas tersebut bisa tepat sasaran sebagai penunjang proses pembelajaran (2) Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kualitas pembelajaran khususnya pada mata pelajaran ekonomi dan fasilitas belajar di sekolah untuk memperlancar proses belajar mengajar sebagai upaya peningkatan kualitas output sekolah yang lebih baik (3) Bagi peneliti yang akan datang perlu diadakan pengembangan penelitian dengan variabel lain di luar penelitian yang mungkin lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar seperti faktor intern dan untuk memperoleh data secara lebih mendalam perlu ditambahkan metode wawancara dengan harapan penelitian ini lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39337

Actions (login required)

View Item View Item