Penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang / Rendy Widya Pratama

Pratama, Rendy Widya (2014) Penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achivement Division) dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 2 MAN 3 Malang / Rendy Widya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pratama, Rendy Widya. 2014. Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardono, M.Si, (II) Dr. Nasikh, M.P., M.Pd Kata kunci: STAD (Student Teams Achievement Division), Inkuiri, Hasil Belajar     Berdasarkan observasi awal di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas XI IPS 2 yaitu siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dengan materi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Hal ini karena siswa hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar, menyebabkan ranah berpikir mereka konvensional dan kurang aktif. Mereka malas untuk mencari sumber belajar lain sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang mengandung unsur analisis.Untuk mengatasi hal ini, peneliti menggunakan perpaduan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Inkuiri. Pembelajaran STAD memacu siswa lebih bisa bekerjasama dengan siswa lain dalam berdiskusi, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, siswa lebih sering mengajukan pertanyaan tentang materi yang dijelaskan secara utuh, siswa lebih berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Inkuiri melatih siswa untuk menemukan sendiri konsep dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa dan juga memacu siswa untuk memperbanyak sumber belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan perpaduan pembelajaran STAD dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.     Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan penilaian keberhasilan tindakan..     Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran STAD dan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Guru ekonomi disarankan menerapkan pembelajaran STAD dan inkuiri dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi, waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39336

Actions (login required)

View Item View Item