Implementasi pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Malang / Rizky Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Malang / Rizky Ramadhani

Ramadhani, Rizky (2014) Implementasi pembelajaran ekonomi berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Kota Malang / Rizky Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ramadhani Rizky. 2014. Implementasi Pembelajaran Ekonomi Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Malang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Dr. Dwi Wulandari S.E M.M. Kata Kunci Implementasi Pembelajaran Ekonomi dan Kurikulum 2013. Kebijakan penerapan Kurikulum 2013 dimulai pada tahun ajaran 2013-2014 merupakan bentuk penyempurnaan kurikukulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau lebih dikenal dengan KTSP. Kurikulum 2013 mengutamakan pembelajaran yang berorientasi untuk pengembangan kompetensi siswa. Pembelajaran pada Kurikulum 2013 berbeda dengan pembelajaran KTSP karena berpusat pada aktifitas aktif siswa. Pada Kurikulum 2013 guru tidak lagi menyusun silabus karena telah disusun secara terpusat oleh pemerintah namun guru tetap mengembangkan silabus menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan lebih dikenal dengan metode 5M yaitu melihat mengamati menanya mengasosiasi mencari informasi dan mengkomunikasikan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup pemahaman guru tentang pembelajaran Ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 serta mengetahui implementasi pembelajaran Ekonomi berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan termasuk jenis penelitian fenomenalogi.Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 4 Kota Malang dengan objek penelitian guru Ekonomi kelas X karena telah melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada dua guru mata pelajaran Ekonomi dan Waka Kurikulum SMA Negeri 4 Malang observasi kegiatan pembelajaran di kelas dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh di lokasi penelitian diperoleh lima kesimpulan sebagai berikut. Petama para guru telah memahami secara umum standar proses pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Kedua guru telah dapat menyusun RPP dengan baik karena pihak sekolah sering megadakan pelatihan penyusunan RPP berdasarkan Kurikulum 2013. Ketiga pada pelaksanaan pembelajaran di kelas terdapat ketidaksesuaian scenario pembelajaran yang tercantum pada RPP hal ini disebabkan karena kurangnya alokasi waktu. Keempat guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian atau evaluasi yang sesuai dengan standar penilaian Kurikulum 2013 karena format penilaian yang lebih kompleks dan harus dilaksanakan sepanjang proses pembelajaran. Kelima pihak sekolah yaitu kepala sekolah dan pihak yang terkait selalu berusaha memberikan pelatihan kepada guru agar dapat melaksanakan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dengan optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39331

Actions (login required)

View Item View Item