Sari, Agustin Nela Nurindah (2018) Manajemen ekstrakurikuler keagamaan mentoring fresh time sebagai upaya membentuk kepribadian siswa (studi kasus di SMP IT Al-Hikmah Bence, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar) / Agustin Nela Nurindah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv ABSTRAK Sari Agustin Nela Nurindah. 2015. Manajemen Ekstrakurikuler Keagamaan Mentoring Fresh Time Sebagai Upaya Membentuk Kepribadian Siswa (Studi Kasus di SMPIT Al-Hikmah Bence Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M. Pd (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri S. Sos M. Pd Kata Kunci manajemen ekstrakurikuler mentoring fresh time kepribadian Sekolah merupakan salah satu dari banyak sarana untuk mendapatkan pendidikan. Seluruh kegiatan yang ada di sekolah baik itu yang berkenaan dengan pengajaran tenaga kependidikan sarana-prasarana keuangan hubungan sekolah dengan masyarakat maupun layanan khusus pendidikan semuanya diarahkan untuk peserta didik agar peserta didik mendapatkan layanan pendidikan. Sekolah hendaknya mengelola dengan baik pengaturan peserta didik agar peserta didik mendapatkan pelayanan yang optimal. Adanya layanan khusus siswa di sekolah merupakan bentuk pelayanan yang diselenggarakan oleh suatu lembaga pendidikan. Salah satu bagian dari layanan khusus yang ada di sekolah yaitu ekstrakurikuler. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan siswa dapat mengetahui dan mengembangkan kemampuan yang sesuai dengan bakat dan minat mereka sehingga akan bermanfaat bagi diri mereka sendiri di masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya ekstrakurikuler mentoring fresh time (MFT) proses kegiatan ekstrakurikuler MFT bidang-bidang yang dipelajari dalam kegiatan ekstrakurikuler MFT dan cara membentuk kepribadian siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler MFT di SMP IT AL-Hikmah Bence Garum Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Bence Garum kabupaten Blitar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara peningkatan ketekunan dalam penelitian menggunakan bahan referensi dan membercheck. Hasil temuan penelitian ini adalah pertama sejarah dan alasan memilih ekstrakurikuler MFT sebagai ekstrakurikuler di SMP IT Al-Hikmah yaitu ekstrakurikuler MFT di SMPIT Al-Hikmah telah menjadi kegiatan keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa penanaman akidah islam yang benar terhadap siswa SMPIT Al-Hikmah forum bebas untuk anak-anak belajar berpendapat dilakukan v oleh siswa dalam bentuk kelompok-kelompok yang setiap kelompoknya akan didampingi oleh satu guru pembimbing sebagai ciri khas dari sekolah IT yang merupakan kepanjangan dari Islam Terpadu . Kedua proses manajemen ekstrakurikuler kepala sekolah mendelegasikan kepada waka kesiswaan untuk mengatur kegiatan mentor perencanaan ekstrakurikuler MFT dilakukan pada awal tahun pelajaran siswa baru pada kelas 1 materi yang ditekankan adalah tentang adaptasi kelas 2 materi yang ditekankan adalah tentang penataan hati sedangkan untuk kelas 3 materi yang ditekankan adalah memilih studi lanjut. Pelaksanaan kegiatan mengacu pada program yang telah disusun di awal semester. Setiap ada kegiatan biasanya langsung dievaluasi evaluasi dilakukan dengan sharing bebas. Ketiga bidang-bidang dalam kegiatan ekstra MFT berupa pergaulan remaja menurut islam cara belajar yang efektif dan memilih studi lanjut. Keempat cara membentuk kepribadian siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler MFT. Berdasarkan hasil temuan penelitian tersebut diberikan saran sebagai berikut. Kepala SMPIT Al-Hikmah Bence seyogyanya meningkatkan pengawasan yang berkaitan dengan Pembina pengurus kegiatan dan program kerja yang ada bagi Waka Kesiswaan di SMPIT Al-Hikmah diharapkan meningkatkan menumbuhkan dan mempertahankan karakter keagamaan dan semangat pada penanggung jawab guru mentor dan seluruh pengurus serta seluruh siswa anggota MFT. Penanggung jawab ekstra MFT di SMPIT Al-Hikmah Bence diharapkan menyusun program kerja yang sesuai dengan kondisi dan karakter keagamaan. Guru mentor ekstrakurikuler MFT di SMPIT Al-Hikmah Bence untuk mengisi kajian rutin yang telah dijadwalkan dengan tertib agar seluruh siswa mendapatkan manfaat ilmu agama Islam yang memadai. Bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi pada jurusan Administrasi Pendidikan terkait manajemen peserta didik khususnya manajemen ekstrakurikuler sekolah. Bagi peneliti lain hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi kajian inspirasi dan masukan bagi peneliti selanjutnya dalam menyusun karya tulis tentunya dengan topic berbeda dan lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3933 |
Actions (login required)
View Item |