Pengaruh tingkat inteligensi, minat belajar siswa dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Nina Juliastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat inteligensi, minat belajar siswa dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Nina Juliastuti

Juliastuti, Nina (2014) Pengaruh tingkat inteligensi, minat belajar siswa dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang / Nina Juliastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Juliastuti Nina. 2014. Pengaruh Tingkat Inteligensi Minat Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Matapelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec (II) Dr. Hadi Sumarsono S.T M.Si. Kata Kunci Tingkat Inteligensi Minat Belajar Fasilitas Belajar di Sekolah Hasil Belajar. Kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan yang pada umumnya bertujuan membawa peserta didik menuju pada keadaan yang lebih baik. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam proses kegiatan belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini faktor internal yang diteliti yaitu tingkat inteligensi dan minat belajar serta faktor eksternal yang diteliti yaitu fasilitas belajar di sekolah. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat inteligensi minat belajar dan fasilitas belajar di sekolah. Sedangkan hasil belajar merupakan variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara tingkat inteligensi minat belajar siswa dan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan subjek penelitiannya seluruh siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 123 siswa. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat inteligensi minat belajar dan fasilitas belajar di sekolah mempunyai pengaruh positif secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Sumberpucung tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif tingkat inteligensi terhadap hasil belajar sebesar 19% minat belajar siswa sebesar 10% dan fasilitas belajar di sekolah sebesar 6% sedangkan sumbangan efektif total/R Square sebesar 35% dan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar variabel tingkat inteligensi minat belajar dan fasilitas belajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39328

Actions (login required)

View Item View Item