Irianto, Debby Jun Kurniawati (2014) Analisis kesulitan guru ekonomi dalam menyusun silabus dan RPP (studi pada SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 10 Malang) / Debby Jun Kurniawati Irianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jun Kurniawati Irianto Debby. 2014. Analisis Kesulitan Guru Ekonomi Dalam Menyusun Silabus Dan RPP (Studi Pada SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 10 Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si. (2) Dr. Agung Haryono S.E. M.P Ak. Kata Kunci Kurikulum 2013 Silabus dan RPP Kesulitan yang Dialami Guru Guru berhadapan langsung dengan para peserta didik melalui proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan guru yang mempunyai kualifikasi kompetensi dan dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas profesionalnya. Salah satu aspek yang terpenting dalam keprofesionalan guru yaitu merancang dan merencanakan program pembelajaran namun kebanyakan guru hanya menjadikan perangkat pembelajaran sebagai formalitas saja untuk memenuhi persyaratan sebagai guru profesional. Dalam kenyataannya guru seringkali mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Adanya pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 saat ini juga menjadi salah satu faktor penyebab guru mengalami kesulitan dalam penyusunan silabus dan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan guru mata pelajaran ekonomi dalam menyusun Silabus dan RPP dengan menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 kepanjen dan SMAN 10 Malang. Informan dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran ekonomi dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 10 Malang yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode analisis dokumen dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu wawancara dan analisis dokumen. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru mengenai Kurikulum 2013 masih kurang sehingga guru mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya terutama dalam penyusunan silabus dan RPP. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa perbedaan komponen yang terdapat dalam silabus dan RPP. Faktor yang menyebabkan guru mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 10 Malang mengalami kesulitan dalam menyusun silabus dan RPP adalah adanya Kompetensi Inti yang harus dicantumkan yang tidak ada kaitannya dengan materi pembelajaran sehingga dalam menyusun penilaian menjadi rumit. Terdapat berbagai macam komponen penilaian yang harus dipenuhi diantaranya penilaian keterampilan penilaian pengetahuan dan penilaian sikap. Upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan dalam penyusunan silabus dan RPP kurikulum 2013 adalah dengan adanya sosialisasi dari pihak sekolah melakukan diskusi dengan guru-guru lain dalam MGMP untuk memecahkan permasalahan yang dialami secara bersama sama serta membuka wawasan seluas-luasnya tentang perkembangan dunia pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi Guru yaitu guru diharapkan dapat memiliki pemahaman yang baik mengenai kurikulum 2013 sehingga dapat mengatasi kesulitan yang dialami dalam menyusun silabus dan RPP serta perangkat pembelajaran yang lain dan dapat menyusun silabus dan RPP dengan benar. Guru juga hendaknya lebih aktif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai kurikulum 2013 dengan aktif melakukan kegiatan diskusi aktif dalam forum MGMP dan sebagainya. (2) Bagi Sekolah yaitu sekolah diharapkan dapat memfasilitasi guru dalam pemberian sosialisasi kurikulum 2013 guna menambah wawasan dan keterampilan guru dengan melakukan pertemuan rutin. Pertemuan rutin ini dapat berupa dialog interaktif untuk melakukan diskusi sehingga guru tidak lagi mengalami kesulitan pada saat penyusunan silabus dan RPP. Kegiatan ini juga dapat membantu menciptakan guru sebagai tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional. (3) Bagi Universitas yaitu bagi pihak universitas yang berorientasi di bidang pendidikan hendaknya berperan dalam meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru maupun mencetak calon guru yang berkualitas sehingga mampu untuk menyusun silabus dan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. Universitas diharapkan dapat mengadakan sosialisasi workshop pelatihan dan lain-lain yang dapat membantu guru-guru atau mahasiswa untuk menambah pengetahuan. (4)Bagi Peneliti Lain yaitu bagi peneliti lain yang ingin meneliti pokok bahasan yang hampir sama hendaknya tidak hanya meneliti tentang kesulitan guru mata pelajaran ekonomi dalam menyusun silabus dan RPP kurikulum 2013 namun bisa pada evalusasi pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas khususnya dalam hal kurikulum di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39325 |
Actions (login required)
View Item |