Penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 5 Malang) / Sakti Arifudin Addunya

Addunya, Sakti Arifudin (2014) Penerapan model pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 5 Malang) / Sakti Arifudin Addunya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifudin, Sakti. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Reading, Recite, Reflection, Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Kelas XI IPS 2 untuk Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Grisvia Agustin, S.E., M.Sc. (II) Dr. Hadi Sumarsono, S. T. Kata kunci: Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Reading, Recite, Reflection, Review), Hasil Belajar Ekonomi Siswa Metode pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan salah satu metode pembelajaran mempunyai relevansi terhadap kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang sederhana akan tetapi dapat memberikan pemahaman siswa secara optimal baik pada aspek kognitif maupun afektif. Salah satu pembelajaran yang dimaksud yaitu PQ4R (Preview, Question, Reading, Recite, Reflection, Review) yang mana metode ini dapat memberikan pengetahuan siswa melalui membaca yang dikemas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar secara kognitif dan keaktifan siswa dengan menerapkan pembelajaran PQ4R. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Malang. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, konklusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pembelajaran PQ4R merupakan salah satu strategi belajar dimana guru membantu siswa mendapatkan pemahaman dan pengetahuan apa yang mereka baca, dimana dalam pembelajaran tersebut terdiri dari langkah-langkah antara lain preview (membaca selintas dengan cepat), question (bertanya), read (membaca), reflect (refleksi), recite (tanya jawab sendiri), review (mengulang secara menyeluruh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam hasil belajar siswa baik secara kognitif maupun afektif. Pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan minimal dari penelitian ini sebesar 80%. Nilai SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yang berlaku di SMA Negeri 5 Malang untuk mata pelajaran ekonomi adalah 75. Peneliti melakukan refleksi setelah siklus 1 selesai. Dari hasil refleksi, peneliti melakukan perbaikan dari kekurangan yang terjadi di siklus 1. Pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan yang mana ketuntasan sudah mencapai lebih dari 80% dan rata-rata nilai siswa juga berada diatas SKM yang ditentukan. Dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PQ4R mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan penerapan pembelajaran PQ4R ini untuk menjadi salah satu alternatif pilihan guru mata pelajaran ekonomi khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut, untuk diterapkan pada mata pelajaran yang lain yang sesuai dengan penerapan pembelajaran PQ4R.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39321

Actions (login required)

View Item View Item