Penerapan metode pembelajaran kooperatif model make a match dan diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Kunjang Kabupaten Kediri / Almaydya Prischa Disma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif model make a match dan diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Kunjang Kabupaten Kediri / Almaydya Prischa Disma

Disma, Almaydya Prischa (2014) Penerapan metode pembelajaran kooperatif model make a match dan diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Kunjang Kabupaten Kediri / Almaydya Prischa Disma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disma Almaydya Prischa. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match dan Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi kelas VII SMP Negeri 2 Kunjang. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.P.Ak (2) Dr. Nasikh S.E. M.P. M.Pd. Kata Kunci Make a Match Diskusi Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti proses pembelajaran yang terdapat pada SMP Negeri 2 Kunjang selama ini menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan penugasan kepada siswa. Salah satu metode pembelajaran yang mengarah pada siswa untuk lebih aktif interaktif inspiratif dan menyenangkan adalah metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dengan model pembelajaran Make a Match. Model pembelajaran Make a Match (mencari pasangan) sebagai model baru yang diterapkan pada kelas VII F. Dengan model pembelajaran Make a Match siswa akan lebih mudah dalam menerima materi pelajaran selain itu siswa lebih aktif interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui berbagai aktivitas belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif model Make a Match dan diskusi pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VII F SMP Negeri 2 Kunjang (2) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif model Make a Macth dan diskusi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kunjang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tahap-tahap Penelitian ini terdiri dari empat langkah yaitu perencanaa pelaksanaan pengamatan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 2 Kunjang yang berjumlah 33 siswa. pendekatan penelitian menggunkan pendekatan kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Metode pengumpulan melalaui tes observasi dokumentasi dan angket. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa dalam ranah kognitif dan ranah afektif. Dalam ranah kognitif hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dalam kegiatan pre-test pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 40 40% mulanya hanya 5 siswa menjadi 18 siswa sedangkan pada kegiatan post-test siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 48 49% mulanya 16 siswa menjadi 32 siswa dengan prosentase 96 97%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas VII F meskipun belum semua siswa dinyatakan sudah tuntas namun secara tidak langsung sudah ada perubahan yang didapatkan setelah model pembelajaran Make a Match dan diskusi diterapkan. Pada ranah afektif mengalami peningkatan yang mana pada siklus I hanya ada 4 siswa yang masuk dalam kriteria sangat baik dan lainnya pada kriteria baik dan cukup baik pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa termasuk pada kriteria sangat baik dan 9 siswa pada kriteria baik. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran Make a Match dan diskusi mencapai keberhasilan. Hal tersebut terbukti dengan adanya penigkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan mendapat respon positif dari siswa mengenai model pembelajaran Make a Match dan diskusi. 2) Penerapan model pembelajaran Make a Match dan diskusi pada kelas VII dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa secara kognitif dari penilaian pre-test dan post-test dan secara afektif perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik dalam siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39320

Actions (login required)

View Item View Item