Perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara pengurus harian dan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang / Muhammad Ali Yafi Hidayatullah

Hidayatullah, Muhammad Ali Yafi (2018) Perbedaan motivasi dan prestasi belajar antara pengurus harian dan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang / Muhammad Ali Yafi Hidayatullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayatullah, Muhammad. A.Y. 2018. Perbedaan Motivasi dan Prestasi Belajar Antara Pengurus Harian dan Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd., (II) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd, Kata kunci: Motivasi, prestasi belajar, Unit Kegiatan Mahasiswa Motivasi belajar merupakan suatu daya pendorong bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar karena dalam motivasi belajar terdapat semangat dan adanya keinginan mahasiswa yang besar untuk mengikuti pembelajaran yang lebih baik. Setiap mahasiswa memiliki motivasi untuk mencapai tujuan berprestasi di setiap bidangnya yang sudah direncanakan mulai awal. Prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Prestasi dapat diperoleh setiap mahasiswa, baik yang menjadi pengurus harian atau anggota UKM bukan alasan untuk menjadikan prestasi menurun, dibalik itu harus ada motivasi belajar yang mendukung untuk mendapatkan prestasi yang tinggi. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk, (1) mengetahui motivasi belajar mahasiswa yang menjadi pengurus harian UKM, (2) mengetahui motivasi belajar mahasiswa yang menjadi anggota UKM, (3) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang yang menjadi pengurus harian UKM, (4) mengetahui prestasi belajar mahasiswa yang menjadi anggota UKM, (5) mengetahui ada atau tidak perbedaan secara signifikan antara prestasi belajar mahasiswa yang menjadi pengurus harian dan yang menjadi anggota UKM, (6) mengetahui ada atau tidak perbedaan secara signifikan antara motivasi belajar mahasiswa yang menjadi pengurus harian dan yang menjadi anggota UKM. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparatif dengan teknik uji Test. Variabel penelitian ini, yaitu, motivasi belajar dan prestasi belajar (dependen), sementara itu pengurus harian dan anggota UKM (independen). Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Populasi dalam penelitian sejumlah 907 mahasiswa, kemudian pengambilan sampel menggunakanan teknik proportional random sampling dengan menggunakan rumus formula Slovin, Peneliti menggunakan sampel 20%, maka apabila dihitung total sampel adalah 203. Hasil penelitian ini adalah; (1) berdasarkan hasil analisis dekriptif menunjukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata motivasi belajar pengurus harian dan anggota UKM termasuk dalam kualifikasi tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 136.36 dan 139.85; (2) tingkat prestasi belajar akademik pengurus harian dalam predikat sangat memuaskan, sedangkan prestasi belajar akademik anggota UKM dalam predikat dengan pujian; (3) tingkat prestasi belajar non akademik pengurus harian dan anggota UKM sama-sama memiliki presentase ditingkat Nasional; (4) berdasarkan Independent T Test pada motivasi belajar, hasil analisis menunjukkan bahwa probabilitas 0,349 > alpha 5%,, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar mahasiswa yang menjadi pengurus harian dan anggota UKM; (5) berdasarkan Indenpenfent T Test pada prestasi belajar akademik, hasil analisis menunjukan bahwa probabilitas 0,024 < alpha 5%, maka terdapat perbedaan yang signnifikan prestasi belajar akademik mahasiswa yang menjadi pengurus harian dan anggota UKM; (6) berdasarkan Mann Whitney Test pada prestasi belajar non akademik, hasil analisis menunjukkan probabilitas 0,349 > alpha 5%, maka terdapat perbedaan yang signnifikan prestasi belajar akademik mahasiswa yang menjadi pengurus harian UKM dan yang menjadi anggota UKM. Saran dalam penelitian ini untuk, (1) Dosen, berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah hendaknya para dosen meningkatkan pelaksanaaann kegiatan pembelajaran dengan mengembangkan strategi-strategi pengajaran yang tepat dan menarik sehingga dapat memberi efek baik kepada mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar akademiknya. Perlunya pemberian tugas dan latihann-latihan yang mampu menjadi motif bagi mahasiswa untuk belajar dan lebih memahami materi yang disampaikan. Serta metode belajar dengan membentuk kelompok-kelompok belajar bagi mahasiswa, hendaknya dosen lebih memahami karekteristik mahasiswa dan tidak membeda-bedakan mana mahasiswa biasa dan yang ikut dalam UKM, sehingga mereka dapat saling berinteraksi dan saling memberi motivasi serta dapat meningkatkan prestasi mahasiswa, (2) Mahasiswa UKM UM, berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah hendaknya mahasiswa meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajarnya baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Menjaga motivasi belajarnya agar tidak turun terutama dari intrinsik, namun juga perlu diberi motivasi secara ekstrinsik, mahasiswa perlu meningkatkan kemandiriannya dalam belajar, sehingga belajar tidak hanya ketika berada dikelas namun juga diluar kelas sehingga diharapkan prestasi belajar akademiknya meningkat baik yang menjadi pengurus harian UKM dan yang menjadi anggota UKM. Mahasiwa juga lebih berani dalam mengikut dan meningkatkan kemampuan didalam diri individu yang terasah di setiap UKM masing-masing, agar dapat meningkatkan prestasi non akademik baik yang menjadi pengurus harian UKM dan yang menjadi anggota UKM, (3) Peneliti lain bagi peneliti lain yang berminat untuk melakukan penelitian terkait motivasi belajar dan prestasi belajar, hendaknya dapat mengembangkan variabel lainya seperti latar belakang pendidikan, jenis kelamin, dan hasil belajar mahasiswa ketika berada disekolah menengah, jalur masuk perguruan tinggi, da nasal sekolah sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih bervariatif. Peneliti yang ingin melakukan penelitian sejenis, juga dapat menelusuri mengapa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara pengurus harian dan anggota UKM berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item View Item