Pengembangan media pembelajaran ekonomi interaktif berbasis IT pokok bahasan perdagangan internasional untuk kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Batu / Pradita Andriyanti Puspita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ekonomi interaktif berbasis IT pokok bahasan perdagangan internasional untuk kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Batu / Pradita Andriyanti Puspita Dewi

Dewi, Pradita Andriyanti Puspita (2014) Pengembangan media pembelajaran ekonomi interaktif berbasis IT pokok bahasan perdagangan internasional untuk kelas IX IPS di SMA Negeri 1 Batu / Pradita Andriyanti Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriyanti Pradita. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis IT Pokok Bahasan Perdagangan Internasional untuk Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Batu . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak (2) Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M. Kata Kunci Pengembangan Media Interaktif Perdagangan Internasional Materi pembelajaran yang diajarkan pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu saat ini salah satunya adalah materi perdagangan internasional yang merupakan materi belajar yang cukup padat dan membosankan bagi siswa. Media pembelajaran berbasis IT ini merupakan salah satu alternatif untuk menjelaskan materi perdagangan internasional yang cukup banyak dan tidak membosankan. Perkembangan jaman yang pesat mendorong siswa untuk mengenal jenis sumber belajar yang sifatnya multimedia. Berdasarkan hasil penelitian melaui observasi terhadap siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu media pembelajaran mengunakan CD Interaktif belum pernah dilakukan dan merasa perlu untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dalam rangka untuk menciptakan suasana kelas yang tidak membosakan. Selain itu agar tersedia media pembelajaran penunjang belajar siswa juga layak dalam rangka untuk menambah pengetahuan siswa. Prosedur pengembangan pengembangan media pembelajaran ekonomi interaktif berbasis IT pada pokok bahasan perdagangan internasional ini adalah 1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi 2) melakukan rancangan produk 3) validasi terhadap produk 4) uji coba kelompok kecil 5) revisi terhadap produk awal 6) uji coba lapangan terbatas dengan 28 subjek 7) melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner berisi tentang hal-hal yang terkait dengan aspek penarik perhatian media penyajian materi dan balikan evaluasi keinteraktifan dan aspek lain-lain. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yang ditunjukkan denngan prosentase dan kualitatif berupa saran dan komentar dalam bentuk narasi. Hasil pengembangan ini adalah 76 60% siswa tertarik menggunakan media ini 83 93% siswa sudah mengetahui tujuan pembelajaran yang terdapat pada media ini 88 72% siswa menyukai penyajian materi dan balikan 81 25% siswa menilai bahwa media pembelajaran ini evaluatif dan pada aspek lain-lain siswa menilai 78 34%. Sedangkan data keseluruhan yang diperoleh dari ahli materi perdagangan internasional memiliki prosentase kevalidan sebesar 80% dan prosentase kevalidan dari ahli media pembelajaran 75%. Berdasarkan hasil pengembangan media ini dapat disimpulkan bahwa media ini sudah layak untuk dijadikan media pembelajaran yang menunjang belajar siswa. Disarankan kepada guru agar menggunakan media pembelajaran ini serta dapat disosialisasikan kepada sekolah lain dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga media ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39317

Actions (login required)

View Item View Item