Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Firman Afif Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Firman Afif Kusuma

Kusuma, Firman Afif (2014) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Malang / Firman Afif Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusuma Firman Afif. 2014. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IS di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si (II) Drs. H. A. Ali Wafa M.Pd Kata Kunci Kondisi Sosial Ekonomi Gaya belajar dan Hasil Belajar. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai sesuatu yang diinginkan yaitu hasil belajar yang memuaskan. Kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa merupakan faktor-faktor pendukung hasil belajar. Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua yang bertaraf tinggi dan gaya belajar dengan modalitas yang baik diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMAN 2 Malang (2) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMAN 2 Malang (3) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS di SMAN 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS di SMAN 2 Malang yang berjumlah 169. Sampel diambil sebanyak 119 siswa sesuai dengan rumus Slovin dan pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 001) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar. (2) pengaruh gaya belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) diperoleh nilai signifikansi t sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar. (3) pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar diperoleh signifikansi F pada uji simultan (Anova) sebesar (0 000) lebih kecil dari signifikansi alpha (0 05) berarti kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran yang diajukan adalah (1) pihak sekolah memperhatikan kondisi sosial ekonomi orang tua siswa yang tidak mampu dengan memberikan beasiswa agar menunjang siswa dalam belajar. (2) Disarankan kepada pendidik agar memahami gaya belajar siswanya agar proses mengajar bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. (3) Penulis lain hendaknya meneliti variabel lain yang mempengaruhi hasil belajar di luar variabel kondisi sosial ekonomi orang tua dan gaya belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39315

Actions (login required)

View Item View Item