Novitasari, Linda (2014) Pengaruh tingkat inteligensi (IQ) dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang / Linda Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Novitasari Linda. 2014. Pengaruh Tingkat Inteligensi (IQ) dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci tingkat inteligensi (IQ) minat belajar siswa hasil belajar siswa 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tingkat inteligensi (IQ) merupakan salah satu faktor internal yang menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa. Pada umumnya siswa yang mempunyai tingkat inteligensi tinggi akan mendapatkan hasil belajar yang tinggi sebaliknya siswa yang mempunyai tingkat inteligensi rendah akan mendapatkan hasil belajar yang rendah pula. Akan tetapi tidak semua siswa yang memiliki tingkat inteligensi tinggi akan selalu mencapai keberhasilan dalam belajar. Hal ini disebabkan karena pengaruh minat belajar siswa ikut berperan dalam keberhasilan belajar siswa. Keadaan tersebut bisa terjadi karena siswa yang kurang memiliki minat belajar akan merasa terpaksa dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga akan mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh tingkat inteligensi (IQ) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran Ekonomi (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran Ekonomi (3) pengaruh tingkat inteligensi (IQ) dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran Ekonomi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif uji normalitas analisis regresi berganda uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan uji t uji F dan koefisien determinasi (R2) pada taraf signifikansi 0 05. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara tingkat inteligensi (IQ) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran ekonomi. Artinya semakin tinggi tingkat inteligensi siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran ekonomi. Artinya minat belajar siswa yang tinggi akan mengakibatkan semakin tinggi pula hasil belajar siswa (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara tingkat inteligensi (X1) dan minat belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang pada mata pelajaran ekonomi dijelaskan oleh nilai kedua variabel tingkat inteligensi dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39311 |
Actions (login required)
View Item |