Penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Achmad Miftachul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Achmad Miftachul Huda

Huda, Achmad Miftachul (2014) Penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2013/2014 / Achmad Miftachul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Huda Achmad Miftachul. 2014.Penerapan Model Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 5 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prih Hardinto M.Si (2) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th M.Div M.E. Kata Kunci Mind Mapping Hasil belajar. Pendidikan adalah suatu upaya untuk membuat sumber daya manusia menjadi lebih baik selain itu kebutuhan pendidikan sangat penting bagi manusia dikarenakan pendidikan akan terus berlangsung sepanjang jaman oleh karena itu dengan perkembangan jaman yang semakin maju maka dituntut adanya peningkatan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan sangatlah tergantung kepada seorang pendidik yang dimana bagi seorang pendidik pemilihan model pembelajaran harus dilakukan secara cermat agar pembelajaran dapat sesuai dengan tujuan pendidikan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat siswa terhadap materi pelajaran adalah dengan membelajarkan siswa cara mencatat yang baik yaitu melalui model pembelajaran Mind Mapping. Penerapan pembelajaran ini menekankan kreatifitas siswa dalam memancing daya ingat untuk memecahkan permasalahan mereka selain itu juga melatih siswa untuk berfikir bekerjasama berinteraksi dan memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan melalui 4 tahapan yaitu tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanan tindakan tahap pengamatan dan tahap refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai April 2014. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada kelas XI IPS 1. Dalam ranah kognitif skor penilaian dari Mind Mapping pada siklus I sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II sebesar 84%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan sebesar 19%. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 1. Berdasarkan hasil tersebut disarankan bagi guru Ekonomi agar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pemetaan pikiran (Mind Mapping) namun dengan subyek penelitian yang berbeda guna meningkatkan kemampuan analisis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39310

Actions (login required)

View Item View Item