Putra, Fauzi Firmansyah (2018) Manajemen layanan khusus Dhamysoga Character Camp (DCC) sebagai pembentukan karakter peserta didik (studi kasus di SMA Negeri 5 Malang) / Fauzi Firmansyah Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Putra Fauzi Firmansyah. 2018. Manejemen Layanan Khusus Dhamysoga Character Camp (DCC)Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SMA Negeri 5 Malang). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustiningsih M.Pd. (II) Dr. Raden Bambang Sumarsono M.Pd. Kata Kunci DCC manajemen karakter DCC merupakan program manajemen layanan khusus yang mempunyai dua tujuan yaitu internal dan eksternal. Tujuan internal yaitu untuk memperkuat karakter peserta didik berdasarkan 5 nilai utama penguatan pendidikan karakter yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas serta tujuan eksternal yaitu membantu masyarakat desa yang tertinggal dalam infrastruktur atau kebutuhan desa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan 1) perencanaan layanan khusus DCC di SMAN 5 Malang 2) pengorganisasian layanan khusus DCC di SMAN 5 Malang 3) pelaksanaan layanan khusus DCC dalam mengimplementasikan 5 nilai penguatan pendidikan karakter di SMAN 5 Malang 4) monitoring evaluasi dan dampak dari pelaksanaan layanan khusus DCC di SMAN 5 Malang dan 5) faktor pendukung penghambat dan solusi layanan khusus DCC di SMAN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian berupa perilaku kebiasaan persepsi kegiatan yang dijalankan serta jenis penelitian studi kasus yaitu kasus yang dipilih memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh situasi (kasus) lain karena itu peneliti menyelidiki kasus secara intensif dan kemudian mendeskripsikannya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dokumentasi observasi. Peneliti menjaga keabsahan data dengan teknik triangulasi memberchecks perpanjangan waktu pengamatan dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapat lima kesimpulan hasil penelitian yang meliputi (1) Perencanaan DCC dilakukan di awal tahun dan masuk dalam RKAS dimana program/kegiatan serta rinciannya sudah ada di RKAS. Perencanaan dilakukan beberapa tahap rapat mulai rapat awal sampai rapat pembubaran yang dihadiri oleh kepala sekolah wakil kepala guru dan PA (2) Pengorganisasian DCC dilakukan oleh kepala sekolah kepada wakil kepala bidang kesiswaan kemudian dikoordinasikan dengan wakil kepala bidang lain untuk membahas berbagai persiapan yaitu membentuk panitia membentuk struktur kepanitian serta pembagian tugas (job desc) (3) Pelaksanaan DCC dilaksanakan selama tiga hari dua malam dengan Live in (tinggal di rumah penduduk). Tema yang diterapkan yaitu berbagi sekolah mencoba memberikan apa yang penduduk desa butuhkan sebaliknya apa yang bisa sekolah dapatkan ii khususnya pendidikan karakter untuk peserta didik agar mampu mengimplementasikan 5 nilai utama penguatan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan di dalam DCC (4) Monitoring dan evaluasi DCC dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara berkoordinasi dengan PA PA dengan sahabat kelas serta evaluasi dilakukan di minggu berikutnya dimana peserta didik dikumpulkan dari setiap sie dan diajak berdiskusi yang mana setiap sie sudah menyiapkan laporan dan dihimpun oleh sekretaris DCC kemudian disampaikan pada rapat pembubaran DCC (5) Faktor pendukung penghambat dan solusi DCC yaitu SMAN 5 Malang mendapat dukungan dari donatur alumni kelurahan kecamatan desa orangtua peserta didik kepolisian TNI AD foreder dari polresta dan organisasi lain. Hambatan atau masalah terjadi pada saat DCC berlangsung akan tetapi solusi tercipta dan menjawab hambatan tersebut tepat pada waktunya hambatan lain yaitu perizinan dan kondisi langsung saat DCC serta topografi desa. Solusi dari hambatan tersebut adalah berkoordinasi dengan pihak perangkat desa dan komunikasi efektif antar panitia DCC. Peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dalam DCC yaitu bagi (1) kepala SMAN 5 Malang DCC dapat terus berkembang mendukung menfasilitasi dan membantu karena pelaksanaannya begitu bermanfaat serta positif bagi masyarakat desa (2) Guru SMAN 5 Malang dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk selalu menyisipkan nilai-nilai karakter dalam setiap pertemuan mata pelajaran baik didalam maupun diluar kelas (3) Alumni SMAN 5 Malang mampu memotivasi bagi peserta didik SMAN 5 Malang untuk dapat mengembangkan diri sebagai individu yang bermartabat dan mempunyai karakter mulia dan (4) Peserta didik DCC dapat menjadi perisai dari perilaku negatif dan penyimpangan yang mungkin akan terjadi serta membuat peserta didik mau dan mampu melakukan kebaikan melaksanakan tugas dan kewajibannya terhadap diri sendiri masyarakat lingkungan (alam sosial dan budaya) negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |