Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan berpikir kritis dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Ayu Irianti Lathifatuzzahro - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan berpikir kritis dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Ayu Irianti Lathifatuzzahro

Lathifatuzzahro, Ayu Irianti (2014) Penerapan model role playing untuk meningkatkan aktivitas dan berpikir kritis dalam mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang / Ayu Irianti Lathifatuzzahro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lathifatuzzahro Ayu Irianti. 2014. Penerapan Model Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd (2) Drs. Sapir S.Sos M.Si. Kata kunci Role Playing Aktivitas Berpikir Kritis 12288 12288 12288 12288 Belajar merupakan suatu sinergi dari pengalaman dan pengembangan. Dalam sebuah pembelajaran terdapat serangkaian kegiatan yang dialami oleh siswa. Siswa akan memperoleh pengetahuan mengenai apa yang dipelajari melalui pengalaman belajarnya. Dari proses belajar yang dilakukan oleh siswa diharapakan selain dapat memberi pengetahuan siswa juga dapat menyelesaikan permasalahan melalui berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Malang banyak siswa yang mengantuk di dalam kelas. Suasana di kelas dapat dikatakan kurang kondusif karena tidak ada aktivitas selain siswa mendengarkan materi dari guru dan menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pada pembelajaran Ekonomi guru masih menerapkan metode ceramah guru kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif Siswa tidak dapat menujukkan respon dari pembelajaran yang diadakan sehingga siswa gampang merasa bosan. Kondisi pembelajaran yang kurang kondusif tersebut mengakibatkan materi yang diajarkan tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga berdampak pula pada penyerapan atas pengetahuan yang telah mereka dapatkan untuk menyikapi sebuah permasalahan. 12288 12288 12288 12288 Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu teknik pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih berperan dan senang dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu menerapkan model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Malang yang terdiri dari 33 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis siswa kelas IPS 2 SMA Negeri 10 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan Aktivitas dan berpikir kritis siswa. Dibuktikan dengan peningkatan persentase siswa dari 72 72% menjadi 93 93%. Sedangkan pada kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebanyak 78 79% sedangkan pada siklus II secara keseluruhan siswa yang berhasil sebesar 90 91%. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu 1) bagi sekolah yang ingin menerapkan model pembelajaran Role Playing penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam memberikan inovasi untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang ada dikelas 2) bagi guru yang ingin menggunakan model pembelajaran Role playing hendaknya guru selalu menyiapkan bahan materi dengan permasalahan yang bagus dan paling dekat dengan kehidupan siswa sehingga dapat memotivasi siswa agar siswa tertarik dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Serta guru hendaknya bersikap tegas dalam membimbing siswa agar pelaksaan model pembelajaran ini berlangsung dengan baik 3) bagi peneliti lain yang berminat menggunakan pembelajaran Role Playing peneliti dapat menggunakan strategi pembelajaan yang lebih kreatif dan inovatif sehingga semua siswa dapat ikut terlibat dalam bermain peran serta membuat permasalahan yang bervariasi yang tujuannya untuk mengajak siswa lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga dijadikan sebagai bahan referensi dan bahan pertimbangan untuk dikembangkan pada penelitian yang selanjutnya sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan khususnya mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39309

Actions (login required)

View Item View Item