Analisis faktor internal penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX (studi kasus di SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2013/2014) / Ucha Unzila - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor internal penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX (studi kasus di SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2013/2014) / Ucha Unzila

Unzila, Ucha (2014) Analisis faktor internal penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX (studi kasus di SMP Negeri 1 Kras Kabupaten Kediri tahun ajaran 2013/2014) / Ucha Unzila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Unzila Ucha. 2014. Analisis faktor Internal Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IX (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Dr. Dwi Wulandari S.E. M.M II Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div M.E. Kata Kunci faktor internal penyebab kesulitan belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) IPS sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan kepada siswa SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri pada kelas VII sampai kelas IX. ruang lingkup mata pelajaran Pengetahuan Sosial salah satunya adalah Perilaku ekonomi dan kesejahteraan yang diwujudkan dalam bidang Ekonomi. Mata pelajaran ini diberikan dengan tujuan untuk membekali lulusannya dengan berbagai pemahaman. Keberhasilan belajar mata pelajaran IPS ini bisa diukur menggunakan Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah. SKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Kras adalah 75. Namun pada kenyataannya menurut hasil observasi yang diperoleh hasil belajar pada nilai ulangan harian pada mata pelajaran IPS khususnya pada bidang Ekonomi yang dicapai siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kras kurang optimal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Faktor internal apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri dan apa saja yang mempengaruhi faktor internal tersebut sehingga menjadi penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus karena penelitian ini dibatasi oleh tempat dan waktu. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kras Kabupaten Kediri. Responden terdiri dari 3 siswa satu guru mata pelajaran IPS selaku wali kelas dan satu guru BK. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa faktor-faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPS (Ekonomi) adalah tipe-tipe khusus seorang pelajar (tipe belajar siswa yang berbeda-beda) pelajaran yang tidak sesuai dengan bakat siswa kurangnya minat siswa dengan mata pelajaran IPS khususnya bidang Ekonomi dan kurangnya motivasi siswa sedangkan hal-hal yang mempengaruhi faktor internal tersebut sehingga menjadi penyebab kesulitan belajar siswa adalah siswa menganggap materi IPS khususnya bidang Ekonomi terlalu banyak ketidakcocokan cara belajar siswa dengan metode guru dalam mengajar merasa terganggunya kenyamanan siswa dengan kondisi kelas yang ramai kurangnya kebutuhan siswa pada ketersediaan buku paket IPS dan metode mengajar guru yang kurang bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39308

Actions (login required)

View Item View Item