Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Apif Prihanata - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Apif Prihanata

Prihanata, Apif (2014) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun / Apif Prihanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apif Prihananta. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj Sri Umi Mintarti W.SE. M.P Ak (II) Agus Sumanto S.E M. SA. Kata Kunci Pemanfaatan Perpustakaan Minat Baca Siswa dan Hasil Belajar. Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sekolah yang berperan sangat penting dalam proses pembelajaran. Perpustakaan sekolah berfungsi untuk membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Melalui perpustakaan sekolah siswa terlibat langsung dalam mencari ilmu sehingga siswa melakukan proses pembelajaran sendiri. Perpustakaan sekolah yang baik akan menarik minat siswa untuk berkunjung maupun membaca buku yang telah disediakan. Dengan membaca orang berharap memperoleh suatu informasi dan bagi siswa hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajarnya. Siswa yang senang membaca berarti siswa senang manambah pengetahuan. Minat baca siswa yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa mendapatkan banyak informasi dari buku yang telah dibaca. Hasil belajar sendiri merupakan penilaian terhadap kemampuan siswa yang telah melakukan aktifitas belajar di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan selama bulan Maret-April 2014 . Penelitian ini bersifat explanasi. Teknik pengambilan menggunakan populasi karena hanya terdapat 90 siswa. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji Validitas dan reabilitas dengan uji coba sebanyak 30 responden. Data diperoleh melalui responden mengunakan kuesioner/angket tertutup dan di ukur menggunakan skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS for windows 16.00. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun baik secara parsial maupun simultan dan sejauh mana berpengaruh dominan terhadap hasil belajar. Variabel bebas penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan (X1) minat baca (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Berdasarkan analisis hasil penelitian di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun menunjukan (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai sig (0 000). (2) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai sig (0 019). (3) pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai sig (0 000). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39307

Actions (login required)

View Item View Item