Ariputra, Didit Yudha (2014) Analsisis ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA BSS Malang (kasus pada siswa kelas X IS-2) / Didit Yudha Ariputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ariputra DiditYudha. 2014.Analisis Ketertarikan Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA BSS Malang (Kasus Pada Siswa Kelas X-IS 2).Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Drs. Mardono M.Si Kata Kunci Ketertarikan guru bahan pelajaran media pembelajaran fasilitas pendidikan. Selama ini yang menjadi faktor penyebab ketertarikan siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah faktor guru atau pengajar bahan pelajaran media pembelajaran serta fasilitas pendidikan yang menunjang. Keempat faktor itulah yang membuat siswa merasa tertarik dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah selama ini yang menjadi unsur utama dalam membuat siswa kelas X Ilmu Sosial 2 tertarik pada mata pelajaran ekonomi di SMA BSS Malang (a) faktor guru atau pengajar (b) faktor bahan pelajaran (c) faktor media pembelajaran (d) faktor fasilitas pendidikan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X- IS 2. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi kuesioner ( yang didesain dengan menggunakan survei ) wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dua pendekatan yakni kuantitatif dan kualitatif atau yang lebih dikenal dengan istilah Mix Methods. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketertarikan siswa pada guru dalam kegiatan pembelajaran itu tergolong tinggi. Hal tersebut didukung dari hasil survei yakni sebesar 83% siswa mengatakan bahwa mereka tertarik dengan cara mengajar guru karena guru selalu mengaitkan materi yang sedang dijelaskan dengan kehidupan sehari-hari. Dari hasil wawancara juga diperoleh hasil bahwasannya cara mengajar guru itu enak santai dan tidak membosankan. Ketertarikan siswa pada bahan pelajaran juga tergolong tinggi. Hal tersebut didukung dari hasil survei yakni sebesar 88% siswa mengatakan bahwa selama ini materi yang ada dalam mata pelajaran ekonomi sangat menarik bagi mereka karena isi materinya sangat jelas dan mudah dipahami. Dari segi media pembelajaran ketertarikan siswa juga tergolong cukup tinggi hal tersebut didukung dari hasil survei yakni sebesar 67% siswa mengatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan saat pelajaran sangat menarik dan inovatif mereka lebih tertarik jika guru menggunakan media power point atau video. Dari segi fasilitas pendidikan ketertarikan siswa tergolong cukup tinggi yakni sebesar 75% siswa. Mereka mengatakan bahwa fasilitas pendidikan yang ada di sekolah itu sangat membuat mereka tertarik karena semua fasilitas pendidikan yang ada di sekolah itu up to date atau mengikuti perkembangan jaman serta mampu mempermudah mereka dalam menangkap materi yang disampaikan guru serta sangat mendukung sekali dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti memberikan saran agar cara mengajar guru itu semakin ditingkatkan lagi hal itu bertujuan agar siswa menjadi semakin tertarik dalam belajar. Dalam hal media pembelajaran guru sebaiknya terus mempertahankan penggunaan media yang selama ini digunakan kalau perlu semakin mengembangkan penggunaan media agar siswa semakin tertarik untuk belajar. Keberadaan fasilitas yang ada di sekolah juga perlu ditingkatkan lagi keberadaan LCD yang sering rusak juga dirasa perlu untuk diperbaiki agar tidak mengganggu jalannya kegiatan belajar di kelas sehingga kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi efektif dan berjalan lancar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39306 |
Actions (login required)
View Item |