Pengaruh modernitas, pemahaman dasar ekonomi (economics literacy), dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa SMA kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Diana Tri Rahayu Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modernitas, pemahaman dasar ekonomi (economics literacy), dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa SMA kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Diana Tri Rahayu Putri

Putri, Diana Tri Rahayu (2014) Pengaruh modernitas, pemahaman dasar ekonomi (economics literacy), dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa SMA kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang / Diana Tri Rahayu Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Diana Tri Rahayu. 2014. Pengaruh Modernitas Pemahaman Dasar Ekonomi (Economics Literacy) dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMA Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M. Pd. (2) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S. Th M. Div M. E Kata Kunci Modernitas Pemahaman Dasar Ekonomi (Economics Literacy) Teman Sebaya Perilaku Konsumsi Perilaku konsumsi merupakan suatu tindakan manusia dalam mengurangi dan menghabiskan kegunaan suatu barang atau jasa baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Jika dilihat dari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dibedakan menjadi 2 macam yaitu perilaku konsumen rasional dan perilaku konsumen irasional. Tingkat kerasionalitasan dalam melakukan tindakan konsumsi tersebut dipengaruhi oleh tingkat modernitas pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) dan teman sebaya. Modernitas yang tinggi pemahaman dasar ekonomi yang tinggi dan intensitas pergaulan dengan teman sebaya yang baik dan positif membentuk perilaku konsumsi siswa yang baik pula yaitu perilaku konsumsi yang rasional dan efisien. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh 74 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui penyebaran angket dan tes yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara modernitas terhadap perilaku konsumsi (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) terhadap perilaku konsumsi (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap perilaku konsumsi (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara modernitas pemahaman dasar ekonomi (economics literacy) dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa. Saran yang dapat diberikan penulis dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru hendaknya memberikan pemahaman yang baik mengenai bagaimana melakukan tindakan konsumsi dengan baik dan benar (2) Bagi sekolah hendaknya mengoptimalkan kualitas serta para pelaku yang ikut berperan serta dalam peningkatan pembelajaran ekonomi maupun pemahaman pengetahuan dasar ekonomi baik melalui pelajaran maupun kegiatan lain di luar pembelajaran di luar kelas (3) Bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang terkait dengan variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39302

Actions (login required)

View Item View Item