Efektivitas pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo / Nanin Dwi Dewandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo / Nanin Dwi Dewandari

Dewandari, Nanin Dwi (2013) Efektivitas pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo / Nanin Dwi Dewandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Kontekstual Biologi Hasil Belajar Siswa Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki karakteristik berbeda dari mata pelajaran yang lain. Objek biologi yang berupa makhluk hidup memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk mempelajarinya. Namun masih banyak siswa yang kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis khususnya konsep biologi karena metode yang diajarkan hanya terfokus pada pengetahuan materi bukan pada pemahaman siswanya. Untuk itu diperlukan suatu metode pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran biologi (materi Sistem Pencernaan Pada Manusia ) melalui penerapan pendekatan kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo (2) mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran biologi (materi Sistem Pencernaan Pada Manusia ) melalui penerapan pendekatan kontekstual (3) mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar/penguasaan kompetensi siswa pada pembelajaran biologi (materi Sistem dalam kehidupan Manusia ) melalui penerapan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan PTK dalam penelitian ini dirancang dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yakni (1) penyusunan rencana pembelajaran (2) pelaksanaan proses belajar-mengajar (3) observasi (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil pengamatan yang telah dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena adanya upaya perbaikan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Namun untuk menunjang keberhasilan pembelajaran diperukan kolaborasi antara guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan kepada para siswa agar lebih banyak menambah pengetahuan melalui berbagai sumber seperti buku koran internet tv dll agar mereka lebih mudah mendapatkan pengetahuan guru. Untuk guru hendaknya selalu memberikan dorongan dan motivasi agar siswa semakin aktif dan giat belajar. Serta untuk kepala sekolah hendaknya mengusahakan untuk memberikan fasilitas terkait alat-alat yang diperlukan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item