Perbedaan pola perilaku ekonomi guru sebelum dan setelah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru (studi kasus pada guru-guru di MAN Malang 1) / Henny Alfiyana

Alfiyana, Henny (2014) Perbedaan pola perilaku ekonomi guru sebelum dan setelah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru (studi kasus pada guru-guru di MAN Malang 1) / Henny Alfiyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Alfiyana, Henny. 2014. Perbedaan Pola Perilaku Ekonomi Guru Sebelum dan Setelah Mendapatkan Tunjangan Sertifikasi Guru (Studi Kasus Pada Guru-Guru di MAN Malang I). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Imam mukhlis, S.E, M.Si (2) Drs.H. Achmad Ali Wafa, M.Pd Kata Kunci: Pola Perilaku Ekonomi, Tunjangan Sertifikasi Guru     Munculnya kebijakan pemerintah tentang tunjangan sertifikasi guru adalah hal yang telah lama dinanti bagi para guru maupun dosen. Setelah proses yang sedemikian rupa akhirnya ada beberapa guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Dengan adanya kebijakan ini maka akan meningkatkan gaji yang diterima para guru. Peningkatan ini tentunya akan menyebabkan perbedaan pada pola perilaku ekonomi para guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Kebanyakan dari guru memanfaatkan tunjangan sertifikasi hanya untuk peningkatan taraf hidup saja tidak untuk memenuhi kebutuhan mengajar. Hanya beberapa guru saja yang memanfaatkan tunjangan sertifikasi untuk peningkatan profesionalisme guru.     Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan yang bersifat komparatif. Sasaran penelitian ini adalah sepuluh guru di MAN Malang I yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru. Prosedur penelitian dalam penelitian ini adalah observasi awal, pelaksanaan penelitian, analisis data, penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah wawancara mendalam tentang pola perilaku ekonomi para guru yang telah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.     Adanya tunjangan sertifikasi guru tidak serta merta merubah pola perilaku ekonomi para guru, tetapi cenderung meningkatkan jumlah konsumsi dan tabungan (saving) karena danya tambahan pendapatan. Selain itu terdapat beberapa orang guru yang mulai membuka usaha baru setelah mendapatkan tunjangan sertifikasi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39295

Actions (login required)

View Item View Item